Pembukaan Olimpiade Tokyo Makin Dekat, Panitia Dapati 9 Kasus Covid-19 Baru

- 21 Juli 2021, 07:12 WIB
Panitia penyelenggara kembali menemukan 9 kasus baru Covid-19 menjelang pembukaan Olimpiade Tokyo.
Panitia penyelenggara kembali menemukan 9 kasus baru Covid-19 menjelang pembukaan Olimpiade Tokyo. /Foto : Instagram @olimpic/

PORTAL JOGJA – Perhelatan akbar olah raga dunia Olimpiade Tokyo tinggal hitungan hari. Namun kekhawatiran akan baying-bayang penyebaran virus corona tampaknya terus menyertai. Panitia penyelenggara Olimpiade Tokyo laporkan 9 kasus Covid-19 baru pada Selasa 20 Juli 2021 kemarin.

Dilansir dari Kyodo News, seorang atlet di perkampungan atlet dan delapan orang lainnya baru saja dinyatakan positif Covid-19.  

Selain atlet, yang merupakan pemain bola voli pantai Ceko, juga relawan yang untuk pertama kalinya sejak panitia mulai melakukan pemeriksaan pada 1 Juli lalu. Dengan demikian jumlah total infeksi terkait pertandingan menjadi 67 kasus.

Baca Juga: Raja Salman Ucapkan Terimakasih Pada Negara-Negara Muslim, Dukung Haji Anti Covid-19

Sementara itu penyelenggara telah berjanji untuk memastikan keamanan pertandingan selama pandemi. Pada saat Tokyo berada dalam keadaan darurat Covid-19, kasus infeksi telah dilaporkan sejak atlet dan ofisial mulai berdatangan secara massal awal bulan Juliini.

Presiden Komite Seiko Hashimoto mengatakan, menjelang hari pembukaan Olimpiade, dukungan untuk pertandingan di Jepang justru menurun.

Hal ini disebabkan karena penyelenggara belum dapat menjaga kasus baru tetap nol meskipun mereka telah menerapkan langkah-langkah anti-virus.

Baca Juga: Menkes Saudi: Tidak Ada Kasus Virus Corona Terdeteksi Di Antara Jemaah Haji

“Kami ingin bekerja keras agar semua pemangku kepentingan mengikuti pedoman,” kata Seiko Hashimoto seperti dikutip dari Kyodo News.

Keputusan penyelenggara untuk mengadakan acara secara tertutup di hampir semua tempat telah memungkinkan Olimpiade untuk terus berjalan, bukannya dibatalkan. Hanya saja  Hashimoto menyatakan pertandingan seharusnya disambut oleh banyak orang.***

Editor: Siti Baruni

Sumber: Kyodo News


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah