Pesepak Bola Ramai Kampanye 'Ini Sepak Bola Indonesia?', Begini Jawaban Warganet

- 9 Juni 2024, 01:25 WIB
Unggahan gelandang PSIS Semarang, Septian David Maulana, dengan tagar Ini Sepak Bola Indonesia? diunggah Jumat, 7 September 2024.
Unggahan gelandang PSIS Semarang, Septian David Maulana, dengan tagar Ini Sepak Bola Indonesia? diunggah Jumat, 7 September 2024. /tangkap layar @septiandavidmaulana.

PORTAL JOGJA - Ramai kampanye di akun media sosial Instagram milik sejumlah pesepak bola nasional yang berbunyi 'Ini Sepak Bola Indonesia?'. Tulisan kampanye ini dilengkapi dengan gambar tanda tanya besar berwarna abu-abu dengan latar belakang hitam.

Arah kampanye ini belum juga mampu dipahami oleh pembacanya. Walaupun sejumlah nama, sebagaimana dikutip dari ANTARA, seperti kiper Persija Andritany Ardhiyasa, pemain sayap Persib Febri Haryadi, gelandang PSIS Septian David Maulana yang menggemakan kampanye ini sudah menambahkan tulisan penjelas disamping gambar. Tulisan itu berbunyi 'Pertanyaan untuk kita semua, apakah ini kompetisi sepak bola Indonesia?'.

Publik baru paham setelah bek Borneo FC yaitu Diego Michiels yang juga memposting gambar dan kampanye serupa, kemudian menuliskan keterangan yang berbeda. Keterangan itu adalah 'mohon maaf kawan-kawan di liga 1 semua tapi saya setuju kalo ditambah kuota pemain asing demi kualitas liga naik, demi kualitas di latihan naik. Demi kualitas kita sendiri naik, demi mental naik FC.' #maapmaap.

Baca Juga: BRI Liga 1: PSS Sleman vs PSIS Semarang Berakhir Imbang 2-2

Dugaan sementara dari kampanye ini bahwa sejumlah pemain nasional tersebut protes terhadap perubahan peraturan PT Liga Indonesia Baru (LIB) terhadap kuota pemain asing Liga 1 untuk musim depan. Peraturan ini mensyaratkan delapan pemain asing yang dapat dikontrak suatu klub.

Dari delapan pemain asing tersebut, kemudian diimplementasikan komposisi enam pemain asing yang bebas berasal dari mana saja serta dua pemain asing asal Asia. Sementara itu, yang dapat dimainkan dalam satu waktu sekaligus adalah sejumlah lima pemain asing bebas berasal dari mana saja ditambah satu pemain asing asal Asia.

Sampai berita ini diturunkan, belum ada tanggapan dari baik PT LIB, PSSI, maupun Asosiasi Pesepak bola Profesional Indonesia (APPI). Hanya warganet yang sudah menanggapi kampanye tersebut dengan menuliskan komentar pada akun media sosial para pesepak bola yang mengunggah 'Ini Sepak Bola Indonesia?'.

Baca Juga: Madura United Vs Borneo FC 0-1, Laskar Sappe Kerrab Tumbang di Kandang

Seperti komentar warganet bernama akun @asn***rl yang menanggapi kampanye ini melalui medsos milik pemain sayap Persib Febri Haryadi. Ia mengajak untuk melihat realita pada klub-klub di luar negeri yang hampir semua pemain asing.

Halaman:

Editor: Siti Baruni

Sumber: ANTARA dan instagram.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah