8 Cara Alami Meningkatkan Kekebalan Tubuh, yang Harus Diketahui Semua Orang

- 11 April 2021, 04:35 WIB
Ilustrasi.
Ilustrasi. /- Foto : Pixabay/

PORTAL JOGJA - Semua orang pasti ingin memiliki kekebalan tubuh yang baik dan kuat. Karena jika memiliki kekebalan tubuh yang kuat kita tidak akan mudah terserang virus atau bakteri yang sebabkan penyakit.

Apalagi di masa pandemi Covid-19 ini. Jika kekebalan tubuh lemah kita bisa tertular virus yang berbahaya ini. Lalu bagaimana cara alami meningkatkan kekebalan tubuh agar tidak terserang penyakit? Dikutip dari Healthline berikut tipsnya :

1.Tidur yang cukup

Tidur dan kekebalan tubuh sangat erat kaitannya. Faktanya, kualitas tidur yang tidak memadai atau buruk dapat meimbulkan kerentanan yang lebih tinggi terhadap penyakit.

Dalam sebuah penelitian pada 164 orang dewasa yang sehat, mereka yang tidur kurang dari 6 jam setiap malam lebih mungkin terkena flu dibandingkan mereka yang tidur 6 jam atau lebih setiap malam. Orang dewasa harus tidur setidaknya 7 jam setiap malam.

Baca Juga: Berikut ini 11 Makanan yang Harus Dihindari jika Anda Punya Penyakit Ginjal, Salah Satunya Pisang

Baca Juga: 5 Manfaat Konsumsi Kulit Jeruk Beserta Efek Sampingnya, Salah Satunya dapat Menurunkan Berat Badan

2. Banyak makan makanan nabati

Makanan nabati seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan dan biji-bijian kaya akan nutrisi dan antioksidan yang dapat membantu Anda melawan patogen berbahaya.

Antioksidan dalam makanan ini membantu menurunkan peradangan dengan memerangi senyawa radikal bebas. Beberapa makanan nabati ini juga mengandung serat, dan vitamin C, yang semuanya dapat menurunkan kerentanan Anda terhadap penyakit.

Halaman:

Editor: Siti Baruni

Sumber: Healthline


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X