Populasi Muslim di Jerman Meningkat Satu Juta Orang Dalam Lima Tahun Terakhir, Kini Bukan Hanya Orang Turki

- 3 Mei 2021, 23:29 WIB
Asimilasi imigran di Jerman salah satunya terbentuk dalam tim nasional sepak bola Jerman. Di tim ini ada beberapa imigran muslim yang berasal daru Turki dan negara lainnya
Asimilasi imigran di Jerman salah satunya terbentuk dalam tim nasional sepak bola Jerman. Di tim ini ada beberapa imigran muslim yang berasal daru Turki dan negara lainnya /Bagus Kurniawan/Instagram dfb_team

PORTAL JOGJA - Sebuah studi yang dilakukan lima tahun sekali di Jerman oleh Kementerian Dalam Negeri menemukan bahwa populasi Muslim di Jerman meningkat sebanyak satu juta orang dalam lima tahun terakhir.

Bila sebelumnya imigran yang berada di Jerman didominasi oleh mereka yang berasal dari Turki, namun kini ada perubahan yang cukup signifikan dari segi jumlah.

Saat ini ada sekitar 5,5 juta Muslim yang tinggal di Jerman. Jumlah ini meningkat lebih dari satu juta orang dibanding lima tahun lalu menurut laporan yang dikeluarkan Kementerian Dalam Negeri Jerman Senin, 3 Mei 2021.

Baca Juga: Platform Pornografi Anak Terbesar di Dunia Digerebek Polisi Jerman. Punya 400 Ribu Anggota di Seluruh Dunia!

Baca Juga: Pelaku Sate Beracun Sianida Tertangkap, Motif Sakit Hati Karena Ditinggal Nikah

Studi terakhir dilakukan akhir tahun 2015 dimana krisis imigran melanda Eropa setelah pecahnya perang saudara di Suriah.

Jumlah 5,5 juta Muslim saat ini merupakan bagian dari sekitar 6,6 persen total populasi Jerman yang sebanyak 83,2 juta orang.

“Populasi Muslim menjadi lebih beragam dalam konteks imigrasi dari negara-negara mayoritas Muslim di Timur Tengah dalam beberapa tahun terakhir,” ujar Hans-Eckhard Sommer dari Kantor Federal untuk Migrasi dan Pengungsi, BAMF.

Turki memang masih menjadi negara asal imigran terbesar yaitu sebanyak 45 persen dari imigran yang berada dari negara dengan populasi Muslim seperti diungkap The Local dan dikutip Portaljogja.com.

Baca Juga: Taiwan Larang Warga yang Datang dari India, Malaysia juga Berlakukan Karantina Kecuali Pesawat Kargo

Halaman:

Editor: Bagus Kurniawan

Sumber: The Local


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X