Dampak Invasi Rsuai ke Ukraina, Perusahaan Barat Memilih Hengkag dari Moskow Salah Satunya McDonald's

- 16 Maret 2022, 04:31 WIB
Dokumentasi: Hari terakhir restoran McDonald's di Rusia ditutup, seorang pria yang diduga pelanggan setia melakukan protes.
Dokumentasi: Hari terakhir restoran McDonald's di Rusia ditutup, seorang pria yang diduga pelanggan setia melakukan protes. /Reuters/Moe Doiron/

PORTAL JOGJA - Semenjak pemerintah Putin menginvasi Ukraina memberi dampak luarbiasa pada perkembangan ekonomi dalam negeri Rusia.

Apalagi sesudah negara-negara Barat jatuhkan sanksi ekonomi Rusia membuat ekonominya makin tidak jelas. Hal terlihat dari deretan perusahaan Barat yang sudah lama operasi di wilayah memutuskan keluar dari negara itu.

McDonald’s, Rubel dan Paypal adalah beberapa deretan perusahaan barat yang memilih berhenti dan keluar dari Rusia dengan berbagai alasan.

McDonald’s pertama kali membuka pintunya di Moskow pada tahun 1990, lebih dari 30.000 orang Moskow mengantri di sepanjang Pushkin Square, berharap dapat mencicipi Barat untuk pertama kalinya.

Lebih dari tiga dekade kemudian, raksasa makanan cepat saji Amerika itu mengatakan untuk sementara menutup 847 lokasinya di seluruh Rusia.

Baca Juga: McD di Rusia Tutup, Warga Borong Burger dan Dijual Kembali Meski Dingin, Ini Harganya

Langkah itu dilakukan di tengah eksodus massal perusahaan-perusahaan besar Barat dari Rusia sejak negara itu melancarkan invasi ke Ukraina pada 24 Februari.

Dilansir portaljogja.com dari laman The Moscow Times bukan hanya McDonald’s yang memutuskan berhenti menjual produk di Moskow. Burberry merk terkenal Inggris juga memiliki keputusan yang sam.

Keputusan tersebut membuat ribuan pekerja Rusia menganggur dan ekonomi terpuruk. Semenjak invasi Ukraina, ekonomi negeri itu kehilangan banyak modal.

Hal tersebut terungkap pada sebuah studi yang diterbitkan oleh Yale mendaftarkan 250 perusahaan yang telah memutuskan hubungan dengan Rusia.

Halaman:

Editor: Bagus Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x