Indonesia Butuh 800 Triliun untuk Gerakkan Ekonomi Kembali

- 5 Agustus 2020, 19:18 WIB
Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto.*(antaranews.com)
Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto.*(antaranews.com) /

PORTAL JOGJA - Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, agar ekonomi Indonesia terus bergerak dibutuhkan dana Rp 800 triliun per kuartal.

Dana sebesar itu akan dibelanjakan di berbagai sektor termasuk untuk belanja bantuan sosial, (bansos) ataupun dana cash yang berikan kepada masyarakat.

Baca Juga: Jokowi Berencana Bagikan Santunan Rp 600 Ribu Bagi Pekerja Swasta

“Ini untuk mendongkrak daya beli masyarakat sehingga pada kuartal III tahun 2020 serta bisa memperkecil, gap atau jarak negatif yang terjadi dari kuartal II tahun 2020," ungkap Airlangga dalam acara konferensi pers tentang strategi pemulihan ekonomi dan peningkatan pertumbuhan ekonomi secara virtual, di Jakarta, Rabu (5/8).

Menurutnya dari sisi ekonomi setiap kuartal dibutuhkan dana sebesar Rp 800 triliun untum dibelanjakan dalam berbagai sektor.

"Dibelanjakan dalam bentuk bansos maupun cash, sehingga daya beli menjadi terangkat. Serta kemungkinan kita untuk mempersempit gap negatif tadi, agar naik ke atas dan naik terus pada kuartal III, tren ini yang akan dikejar oleh pemerintah," kata Airlangga.

Baca Juga: Upadate Covid-19 DIY : Pasien Konfirmasi Positif Covid-19 di DIY Tembus 800 Kasus

Dia mengatakan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada triwulan II tahun 2020 sebesar – 5,32 persen, masih lebih bagus daripada beberapa negara lain seperti Amerika Serikat yang mencapai – 9,5 persen, Perancis -19 persen, Singapura – 12mpersen, Meksiko -18,9 persen.

Sementara Cina sudah mengalami pertumbuhan positif namun pada kuartal I tahun 2020 Cina sudah lebih dulu negatif yakni sebesar -6,8 persen.

“Pertumbuhan ekonomi Indonesia lada triwulan II tahun 2020 ini tidak sedalam negara lain. Namun kita berharap ada efek recovery atau perbaikan ekonomi global. Yang tentu akan menaikkan pertumbuhan ekonomi kita pada kuartal selanjutnya,” katanya.

Halaman:

Editor: Bagus Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x