Konsumsi Seafood Meningkat, Perlu Peningkatan Kualitas SDM Perikanan

- 25 Juni 2020, 12:25 WIB
Nelayan sedang mengeringkan ikan laut.
Nelayan sedang mengeringkan ikan laut. /(news.kkp)

PORTAL JOGJA - Konsumsi dan permintaan global terhadap seafood semakin meningkat. Salah satu faktornya adalah meningkatnya populasi, kesadaran kesehatan dan pendapatan penduduk dunia.

Ketua Prodi Magister Ilmu Perikanan Fakultas Pertanian UGM, Dr Alim Isnansetyo MSc mengatakan peningkatan konsumsi seafood  harus diimbangi SDM yang andal.

Peningkatan kualitas SDM perikanan penting dilakukan agar proses produksi hingga distribusi tetap ramah lingkungan. Produk seafood harus memadai dan aman.

Baca Juga: Sawitri, Anak Penjaga Hutan Wanagama UGM Bergelar Doktor dari Jepang

Kata Alim, salah satu peningkatan kapasitas individu maupun lembaga dengan pelatihan. Misaalnya  teacher training dalam pengembangan kurikulum.

Program tersebut merupakan bagian  proyek sustainable seafood and nutrition security (SSNS) yang didanai Program EU Erasmus+. Program ini telah berlangsung sejak tahun 2018.

Bertujuan mengatasi tantangan yang dihadapi industri. Sekaligus memastikan keberlanjutan produksi, pasokan dan konsumsi seafood melalui peningkatan kapasitas lembaga dan individu.

Baca Juga: Sepuluh Destinasi Wisata di DIY Dipilih jadi Pilot Project Normal Baru

"Pengembangan kurikulum ini diharapkan dapat menghasilkan lulusan dengan kompetensi yang dibutuhkan industri dan pengguna lulusan lain," katanya.

Sekadar diketahui, Program Magister Ilmu Perikanan UGM merupakan partner dalam proyek SSNS. Ditunjuk sebagai host pelaksanaan program teacher training tersebut.

Halaman:

Editor: Azam Sauki Adham

Sumber: UGM


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x