Lira Turki Naik Dan Bergejolak di Tengah Gerakan Dukungan Pemerintah

- 22 Desember 2021, 11:35 WIB
Ilustrasi bendera Turki. Lira Turki Naik Dan Bergejolak di Tengah Gerakan Dukungan Pemerintah
Ilustrasi bendera Turki. Lira Turki Naik Dan Bergejolak di Tengah Gerakan Dukungan Pemerintah /Pixabay/Engin_Akyurt

PORTAL JOGJA – Mata uang Turki sangat fluktuatif lagi pada hari Selasa karena para pedagang mencerna langkah-langkah yang diusulkan oleh Presiden Tayyip Erdogan dan bank sentral Turki untuk menjaga tabungan mata uang lokal dari perubahan yang tepat seperti itu.

Lira turun sebanyak 8,6% intraday pada hari Selasa dan naik sebanyak 18,5% pada kisaran harian terbesar kedua, di belakang rekor ayunan Senin. Itu menutup sesi naik 6% pada 12,4 per dolar.

Volatilitas tersirat satu bulan pada lira, atau perubahan harga yang diharapkan, melonjak ke rekor tertinggi, yang mencerminkan ketidakpastian tentang skema tersebut.

Pada hari Selasa, bank sentral Turki mengatakan akan mendukung konversi rekening deposito mata uang asing menjadi rekening deposito lira untuk lebih mendorong dolarisasi terbalik.

Baca Juga: Erdogan Meminta Orang Turki Mempercayai Model Ekonomi Baru Saat Mata Uang Lira Melemah

"Jika penduduk asli, yang sudah memiliki rekening deposito FX ... mengubah rekening mereka menjadi rekening deposito berjangka lira Turki akan memenuhi syarat untuk mendapatkan keuntungan dari insentif," kata bank sentral.

Lebih dari setengah tabungan penduduk lokal dalam mata uang asing dan emas, menurut data bank sentral, karena hilangnya kepercayaan pada lira setelah bertahun-tahun depresiasi. Pada titik terendah, lira turun sekitar 60% pada tahun ini.

Erdogan memperkenalkan serangkaian langkah pada hari Senin yang akan mengalihkan beban mata uang yang melemah ke Departemen Keuangan dan mendorong orang Turki untuk memegang lira daripada dolar. [nL1N2T616D]

Baca Juga: Seruan Biden Ke Warga AS Yang Tak Divaksinasi Berubah Dari Bir Dan Uang Tunai Jadi 'Penyakit Dan Kematian'

Dukungan awal pemerintah untuk mata uang mengirim lira melonjak sekitar 25% pada hari Senin, meskipun dalam volume perdagangan terendah untuk hari apa pun sepanjang tahun ini.

Halaman:

Editor: Bagus Kurniawan

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x