Cerita Galau Shin Tae-yong, Harus Kalahkan Kesebelasan Tanah Airnya

- 28 April 2024, 10:22 WIB
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong /instagram.com/ @shintaeyong7777/

PORTAL JOGJA - Kegembiraan atas Tim Garuda Muda yang meluncur ke semifinal perhelatan Piala Asia U-23 2024 masih terdengar riuh rendahnya. Salah Satu yang menjadi sorotan adalah sang pelatih, Shin Tae-yong (STY). Di antara kegembiraannya atas hasil anak asuhnya, nyatanya ia menyimpan galau yang dalam.

Betapa tidak, Coach Shin yang seorang warga negara Korea Selatan ini, menyuruh dengan sadar kepada anak asuhnya untuk mati-matian mengalahkan tim Negara Ginseng yang notabene adalah tanah airnya itu.

Walaupun beberapa tahun yang lalu, dia juga pernah mengantar timnas Indonesia U-19 menghadapi tim tanah airnya pada pertandingan ujicoba, namun hal yang dirasakan saat gelaran lawan Korea Selatan pada perempat final Piala Asia U-23 2024 pada Kamis 25 April 2024 malam waktu Doha atau Jumat dini hari WIB, terasa berbeda.

Baca Juga: Sejarah Baru, Indonesia Melaju ke Semifinal Piala Asia U-23

“Ini adalah pengalaman pertama saya untuk bermain melawan negara saya sendiri, dan sejujurnya ini sulit bagi saya. Jika saya tidak pernah melatih timnas Korea Selatan, mungkin tidak sesulit ini,” kata STY pada konferensi pers sebelum pertandingan yang dipantau dari Jakarta pada Rabu 24 April 2024, sebagaimana dikutip dari ANTARA.

Ingatan STY kembali pada saat ia menjadi pelatih bagi timnas U-23, U-20, dan senior Korsel. Kala itu, STY hanya memikirkan agar dapat menyanyikan lagu kebangsaan bersama pemain Korsel lainnya saat kemenangan ada di tangan. Segala langkah terbaik ia ambil guna melawan negara lain bersama timnas Korsel.

Namun hal itu sekarang berbalik, ia bersama tim Indonesia mengambil segala langkah terbaik untuk mengalahkan tim Korsel. Awalnya, sang coach ini berharap akan bertemu tim tanah airnya pada final saja. Sayangnya, harapannya meleset.

Baca Juga: Indonesia Masuk ke 8 Besar Piala Asia U-23, Semua Bergembira Termasuk Presiden Jokowi

"Tapi itu tidak terjadi, maka perasaan saya berat, tidak benar-benar gembira, tapi olahraga adalah olahraga, pertandingan adalah pertandingan. Kami akan melakukan yang terbaik untuk besok,” ucap coach yang baru saja diperpanjang kontraknya oleh Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI)itu.

Halaman:

Editor: Siti Baruni

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x