Argentina Tumbangkan Prancis di Final Piala Dunia Lewat Adu Penalti

- 19 Desember 2022, 05:36 WIB
Sejumlah pemain Timnas Argentina melakukan selebrasi usai mengalahkan Prancis di final Piala Dunia
Sejumlah pemain Timnas Argentina melakukan selebrasi usai mengalahkan Prancis di final Piala Dunia /Twitter @Argentina/

PORTAL JOGJA - Argentina akhirnya tampil sebagai juara Piala Dunia 2022 usai menumbangkan Prancis dengan skor 4-2 melalui drama adu penalti di Stadion Lusail, Doha, Minggu 18 Desember 2022 waktu setempat.

Sebelumnya laga Argantina vs Prancis berakhir imbang 3-3 setelah melalui babak perpanjangan waktu.

Seperti dilansir dari ANTARA, Gol Argentina diciptakan oleh Lionel Messi dari titik penalti pada menit ke-23 dan pada menit ke-108 serta Angel Di Maria pada menit ke-36, sedangkan Prancis membuat tiga gol balasan lewat Kylian Mbappe pada menit ke-80 (P) dan ke-81, serta ke-118 (P).

Setelah bermain imbang hingga akhir babak tambahan, Argentina memenangi babak adu penalti ketika keempat eksekutornya berhasil menjebol gawang Lloris, di saat Kingsley Coman mendapati tembakannya ditepis kiper Emiliano Martinez dan tendangan Aurelien Tchouameni melebar.

Baca Juga: Jadwal Acara NET TV Senin 19 Desember 2022: Drama Korea Whats Wrong With Secretary Kim

Itu merupakan gelar ketiga Argentina di Piala Dunia setelah terakhir kali memenangi turnamen itu pada 1986. Kemenangan itu juga mewujudkan mimpi Lionel Messi di pentas tertinggi sepak bola yang mungkin menjadi Piala Dunia terakhirnya.

Dimainkan sebagai starter untuk pertama kalinya sejak fase grup, Di Maria kembali membuktikan dirinya sebagai pemain krusial Argentina yang ditempatkan di sayap kiri saat pelatih Lionel Scaloni menggunakan formasi tiga penyerang yang dilengkapi oleh Julian Alvarez dan Lionel Messi.

Ketika pertandingan baru berjalan 23 menit, Argentina mendapat hadiah penalti ketika Di Maria, yang mengelabuhi Ousmane Dembele dengan gocekannya, menusuk dari sisi kiri namun dijatuhkan di area terlarang oleh pemain depan Prancis itu.

Messi dengan sukses melaksanakan tugasnya sebagai algojo dan menyarangkan bola ke sisi kanan gawang Hugo Lloris.

Dengan gol tersebut, Messi mencatatkan namanya sebagai pemain pertama dalam sejarah Piala Dunia yang mencetak gol pada fase grup, 16 besar, semifinal, hingga final dalam satu edisi turnamen tersebut.

Halaman:

Editor: Chandra Adi N

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x