Luar Biasa! Atlet Renang Jepang Rikako Ikee Buktikan Survivor Leukemia Tetap Bisa Ukir Prestasi

- 5 April 2021, 12:05 WIB
Atlet renang Jepang Rikako Ikee yang berjuang untuk menang meski masih dalam masa pemulihan leukemia.
Atlet renang Jepang Rikako Ikee yang berjuang untuk menang meski masih dalam masa pemulihan leukemia. /- Foto : Instagram @ikee.rikako/

PORTAL JOGJA – Rikako Ikee merupakan atlet renang Jepang yang menarik perhatian dunia. Di tengah karirnya yang cemerlang, ia divonis mengidap leukemia. Namun pada Minggu 4 April 2021 kemarin Ikee membuktikan ketangguhannya sebagai survivor leukemia dengan memenangkan kejuaraan nasional Jepang untuk  nomor renang gaya kupu-kupu 100 meter.

Dilansir dari Kyodo News, Ikee tak kuasa menahan keharuannya dan meneteskan air mata setelah mencapai  finis dalam tempo 57,77 detik di Tokyo Aquatics Center, tempat renang Olimpiade.  

Keharuan itu cukup beralasan karena Ikee membutuhkan waktu 57,92 detik untuk mendapat tempat di estafet medley dalam Olimpiade dan  57,10 detik merupakan standar yang disyaratkan Federasi Renang Jepang untuk bersaing memperebutkan kejuaraan musim panas ini di nomor 100 meter gaya kupu-kupu.

Baca Juga: Yordania Mengalami Resesi Terburuk Akibat Pandemi, Rakyat Cari Alternatif Kepada Mantan Putra Mahkota

Baca Juga: Awal Pekan Informasi Harga Emas, Senin 5 April 2021 di Pegadaian, Antam Rp 954.000 Per 1 Gram

Dengan keberhasilannya memenangkan kejuaraan renang nasional yang merupakan kualifikasi terakhir untuk Olimpiade Tokyo ini, Ikee dipastikan mendapat tempat untuk berkompetisi pada nomor estafet gaya ganti 4 x 100 meter putri pada Olimpiade Tokyo tahun ini.

Saat ini atlet yang sempat bersinar dalam Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang karena berhasil menyabet enam medali emas itu tengah dalam masa pemulihan leukemia.  

"Saya tidak pernah menyangka bisa memenangkan 100. Saya kurang percaya diri dibandingkan dengan kualifikasi lima tahun lalu dan saya pikir saya hanya bisa menang di masa depan," kata Ikee seperti ditulis Kyodo News.

"Tapi saya berlatih untuk menang dan saya berkata pada diri saya sendiri 'Saya kembali', saat saya memasuki perlombaan ini," imbuh Ikee.

Baca Juga: Pesan Paskah Paus Fransiskus: Terlalu Banyak Kekerasan di Dunia!

Halaman:

Editor: Siti Baruni

Sumber: Kyodo News


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x