Harga Bahan Pangan Pokok Kota Yogya Alami Kenaikan, Masih dalam Ambang Batas Wajar

- 13 Desember 2023, 12:33 WIB
Ilustrasi sejumlah  bahan pangan pokok
Ilustrasi sejumlah bahan pangan pokok /Kementan RI/

PORTAL JOGJA - Bahan pangan pokok di Kota Yogyakarta terpantau mengalami kenaikan harga, tetapi masih dalam ambang wajar. Ini merupakan kesimpulan pantauan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) saat mengunjungi pasar Prawirotaman dan pasar modern Superindo jalan Parangtritis.

“Tim TPID Kota Yogyakarta bersama-sama Pak Sekda memantau secara langsung di Pasar Prawirotaman. Hasil pemantauan, harga masih cukup tinggi, tapi ini penyakit tahunan karena diujung tahun pasti ada kenaikan harga bahan pokok, harga pangan, namun kenaikan ini masih diambang batas wajar," kata Kepala Biro Administrasi Perekonomian dan SDA Sekda DIY, Yuna Pancawati usai peninjauan hari Selasa 12 Desember 2023.

Pada kunjungan itu, Yuna didampingi Sekda Kota Yogyakarta, Aman Yuriadijaya, Bank Indonesia Perwakilan Yogyakarta, Perum BULOG Kanwil Yogyakarta, Disperindag DIY, Bagian Perekonomian Kota dan tim Satgas Pangan DIY. Selain memantau dari dekat harga di Pasar Tradisional Prawirotaman, tim yang dipimpinnya ini juga melakukan pemantauan stok di pasar tersebut.

Baca Juga: Antisipasi Kelelahan Saat Penghitungan Suara Pemilu, KPU DIY Prioritaskan Petugas KPPS Usia Muda

"Alhamdulillah ketersediaan pasokan mencukupi sampai dengan akhir tahun nanti, baik itu beras, telur, kemudian bawang merah, bawang putih dan juga cabai,” ucapnya.

Salah satu yang dimonitor dalam kunjungan tim adalah harga daging. Hasil pantauan memperlihatkan harga daging sapi premium per kilogram berada pada Rp140.000, daging sapi biasa Rp120.000/kg, dan daging ayam Rp33.000/kg.

Diketahui harga daging untuk hari besar selain Idul Fitri dalam dua tahun ini cenderung stabil. Permintaan daging menyambut Natal masih relatif rendah dibanding Lebaran.Untuk akhir tahun saat menyambut tahun baru, para pembeli biasanya banyak memburu daging iga.

Baca Juga: JKT48, Rizky Febian, Mahalini, Lyodra Bikin Pecah Puncak Shopee 12.12 Birthday Sale TV Show

Sementara untuk minyak goreng, pedagang di Pasar Prawirotaman mengatakan bahwa volume penjualan masih sama dengan hari biasa. Harga minyak goreng juga masih stabil. Menurut pedagang, minyak goreng dengan harga yang paling murah adalah yang paling dicari oleh pembeli.

Halaman:

Editor: Siti Baruni

Sumber: Humas Pemda DIY


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x