Putin Invasi Ukraina, Apple Hentikan Penjualan Produk dan Batasi Layanan di Rusia, Ini Alasannya

- 3 Maret 2022, 15:58 WIB
Logo Apple Inc.
Logo Apple Inc. /REUTERS/Mike Segar

PORTAL JOGJA - Semenjak invasi Rusia ke Ukraina ada banyak dampak dan pengaruh terhadap perkembangan ekonomi, bahkan beberapa negara yang menjual produk ke negara itu.

Salah satunya Apple merupakan salah satu deretan produk yang akhirnya memilih menghentikan penjualan produk di Rusia. Hal ini juga dilakukan produk-produk lain, seperti di antaranya Ford akan melakukan penghentian penjualan di negara tersebut.

Penghentian penjualan produk Apple terpaksa dilakukan menyusul serangan invasi Rusia ke Ukraina. Beberapa tahun terakhir telah mengoperasikan toko online khusus Rusia.

Dilansir portaljogja.com dari laman bloomberg.com pembuat iPhone Apple sejak Selasa berhenti mengekspor produk ke saluran penjualan negara itu minggu lalu, sebelum menghentikan penjualan.

Baca Juga: Sidang Majelis Umum PBB, 193 Negara Setujau Invasi Rusia ke Ukraina Diakhiri, 5 Menolak dan 34 Abstain

Pihak Apple juga menghapus aplikasi RT News dan Sputnik News dari App Store di luar Rusia dan telah menonaktifkan fitur lalu lintas dan insiden langsung di Ukraina sebagai "tindakan keselamatan dan pencegahan" bagi warga di sana.

Penghentian penjualan Apple ke Rusia bukan tanpa alasan, karena sebelumnya Ukraina meminta Apple stop produksi ke negara itu

Wakil Perdana Menteri Mykhailo Fedorov mengatakan langkah itu dapat membantu mengubah pemuda Rusia melawan invasi. Dia juga meminta perusahaan untuk menutup App Store lokalnya.

Apple telah mengoperasikan toko online khusus untuk Rusia selama beberapa tahun terakhir, serta App Store yang disesuaikan dengan negara tersebut.

Baca Juga: Keistimewaan Bulan Sya’ban, Bukan Hanya Nisfu Sya'ban, Namun juga Peristiwa Perpindahan Arah Kiblat

Halaman:

Editor: Bagus Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x