Nilai Ambang Batas atau Passing Grade Seleksi CPNS 2021, Berikut Infonya

- 5 Agustus 2021, 07:57 WIB
Nilai Ambang Batas Seleksi CPNS 2021
Nilai Ambang Batas Seleksi CPNS 2021 /Logo SSCASN BKN/

PORTAL JOGJA - Berapa passing grade atau nilai ambang batas untuk CPNS dan PPPK 2021. Banyak pelamar yang menanyakan soal nilai ambang batas atau passing grade tersebut.

Setelah pengumuman hasil seleksi administrasi hingga masa sanggah dan jawab sanggah, pelaksanaan CPNS 2021 sebentar lagi akan memasuki tahap Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang menggunakan nilai ambang batas untuk kelulusannya.

Dari laman Sekretariat Kabinet, nilai ambang batas seleksi kompetensi dasar (SKD) merupakan nilai minimal yang harus dipenuhi oleh setiap peserta seleksi calon PNS.

Para pelamar CPNS yang mendaftar pada penetapan kebutuhan umum harus memenuhi passing grade sebagai berikut :

Nilai 65 untuk tes wawasan kebangsaan (TWK)
Nilai 80 untuk tes intelegensia umum (TIU)
Nilai 166 untuk tes karakteristik pribadi (TKP)
Khusus passing grade Tes Karakteristik Pribadi tahun ini meningkat dari passing grade tahun sebelumnya, yaitu 126.

Baca Juga: Cara Unduh dan Cetak Kartu Ujian CPNS 2021, Segera Lakukan Ini

Nilai ambang batas juga dipengaruhi karena di tahun ini terdapat penambahan butir soal pada TKP yang semula 35 menjadi 45 soal. Sementara jumlah soal TWK sama dengan tahun sebelumnya yaitu 30 soal dan TIU 35 soal

Hanya saja ketentuan nilai ambang batas ini dikecualikan bagi peserta yang mendaftar pada penetapan kebutuhan khusus. Sementara bagi pelamar melalui jalur lulusan terbaik berpredikat (cumlaude) dan diaspora, nilai kumulatif SKD paling rendah adalah 311 dan nilai TIU paling rendah 85.

Sedang bagi penyandang disabilitas harus mencapai nilai kumulatif SKD paling rendah 286 dengan TIU paling rendah 60. Sementara untuk pendaftar putra putri Papua dan Papua Barat harus mencapai nilai kumulatif paling rendah 286 dan TIU paling rendah 60.

Tak hanya itu, pengecualian juga berlaku untuk formasi-formasi tertentu seperti Dokter, Dokter Spesialis, Dokter Gigi, Dokter Gigi Spesialis, dan Dokter Pendidik Klinis. Nilai kumulatif SKD paling rendah ditetapkan sebesar 311 dan nilai TIU paling rendah 80.

Halaman:

Editor: Bagus Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x