Petenis Rusia dan Belarusia akan Ikuti Olimpiade Paris Namun Harus Netral

- 7 Maret 2024, 05:23 WIB
Anastasia Pavlyuchenkova pemain asal Rusia yang kini bertanding sebagai individu.
Anastasia Pavlyuchenkova pemain asal Rusia yang kini bertanding sebagai individu. /Instagram/Instagram/@nastia_pav

PORTAL JOGJA – International Tennis Federation (ITF) menyatakan, petenis Rusia dan Belarusia akan diizinkan mengikuti Olimpiade dan Paralimpiade yang akan berlangsung tahun ini, namun harus bertindak sebagai pemain netral.

Dikutip dari Reuters, keputusan Federasi Tenis Internasional itu sejalan dengan mayoritas Federasi Internasional mengenai kompetisi individu dan atlet yang berpartisipasi di Olimpiade Paris 2024 ini.

Selain harus dalam kapasitan individu dan netral, para pemain tennis Rusia dan Belarusia juga baru bisa mengikuti Olimpiade dan Paralimpiade jika telah memenuhi persyaratan seleksi dan kelayakan serta mematuhi peraturan Komite Olimpiade Internasional.

Baca Juga: Hari Ini ada Kirab Trunajaya di Sepanjang Malioboro, Simak Rekayasa Lalu Lintas dan Waktunya

Sebelumya, warga Rusia dan Belarusia dilarang berkompetisi secara internasional setelah invasi Rusia ke Ukraina pada tahun 2022, dimana seharusnya Belarusia digunakan sebagai tempat pertandingan.

Namun pada bulan Maret tahun lalu, IOC mengeluarkan serangkaian rekomendasi bagi federasi olahraga internasional untuk mengizinkan peserta dari negara-negara tersebut untuk kembali bertanding dengan beberapa persyaratan.

Diantara petenis yang kini tercatat sebagai individu dalam peringkat WTA adalah Aryna Sabalenka (peringkat 2) dari Belarusia, Daria Kasatkina (peringkat 12) dan Ana Pavlyuchenkova (peringkat 24) asal Rusia dan lainnya.***

Editor: Siti Baruni

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x