Sejumlah Nama Beken Batal Tampil di Ajang FIBA World Cup 2023

- 25 Agustus 2023, 19:58 WIB
FIBA Word Cup 2023
FIBA Word Cup 2023 /MARAWATALK/ FIBA/

PORTAL JOGJA - Sejumlah pemain ternama urung bermain di ajang FIBA World Cup 2023 diantaranya Jamal Murray (Kanada), Ricky Rubio (Spanyol), Victor Wembenyama (Prancis), dan Kristaps Porzingis (Latvia). Mereka batal datang ke Indonesia dengan alasan kesehatan, cedera, serta jadwal yang padat.

Sebagian pihak menyayangkan ini, tapi lebih banyak yang tidak mempermasalahkannya. Sebab, tanpa keempat nama tersebut Piala Dunia Bola Basket edisi tahun ini dinilai tetap menarik.

Udjo Project Pop menilai absennya nama besar merupakan dinamika tim yang diperkuat pemain NBA. Sebab, mereka juga memikirkan jadwal sebagai pemain profesional. Terlepas dari cedera, kata Udjo, pemain bintang memilih kapan dia bisa bermain dan kapan menolak. Sebab, ini terkait statusnya sebagai pemain profesional.

Baca Juga: Keunggulan Galaxy Z Fold5 yang Seamless Connected Buat Hadapi Era Society Masa Kini

"Kita menyayangkan, tapi sangat mengerti Wemby tidak bisa memperkuat Prancis karena dia rookie nomor satu, pasti dia konsentrasi pada kariernya dulu. Kadang kita melupakan ini pertandingan tim basket melawan tim basket, bukan tim basket lawan satu pemain. Kanada akhirnya bisa berkumpul segini banyak pemain NBA mereka meskipun tanpa Jamal Murray. Sebelumnya, tidak pernah Kanada punya materi pemain sebaik ini," kata Udjo.

Pevoli Yolla Yuliana menilai FIBA World Cup 2023 tetap punya magnet besar meskipun beberapa nama yang dinanti urung datang atau bermain. "Namanya Piala Dunia Basket, pasti yang main sudah kaliber dunia. Siapa pun yang ada di lapangan nanti, pasti mereka akan menyuguhkan pertandingan yang seru," jelasnya.

Kapten klub Tangerang Hawks Rizky Effendy justru tak berfokus kepada nama besar. Sebagai pebasket profesional, ia lebih tertarik menyaksikan penampilan seluruh tim sejak dari masuk ke lapangan hingga meninggalkan arena.

"Saya bisa menonton pertandingan pemain-pemain top dengan buka Youtube, tapi saya tak bisa melihat bagaimana sih mereka menyiapkan diri sebelum pertandingan, seperti pemanasannya, drill atau ritual apa yang mereka lakukan. FIBA World Cup ini kesempatan yang langka dan baik sekali untuk saya menambah wawasan dan ilmu dari tim-tim dunia yang nanti berlaga. Saya akan nonton dan pasti akan duduk di tribun jauh sebelum waktu tip-off,"ungkap Rizky.

Yesaya Saudale, point guard Pelita Jaya Bakrie, menegaskan hal serupa. Di matanya, pertandingan di FIBA World Cup nanti akan tetap seru.
'Misalnya di Kanada Jamal Murray tidak datang, tapi rekan-rekannya yang lain nggak kalah jago juga. Banyak pelajaran yang bisa saya ambil. Basket kan olahraga tim, bukan individual. Jadi, Piala Dunia nanti pasti akan tetap menarik untuk ditonton," kata Yesaya.

Baca Juga: Turunkan Masalah Kemiskinan, Ketimpangan dan Polemik Sampah, Ini Strategi Pemprov DIY

Halaman:

Editor: Chandra Adi N


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x