Tips Kelola Biaya Operasional untuk Keuntungan Driver di Bulan Ramadan

- 11 Maret 2024, 15:54 WIB
Ilustrasi - Layanan pengiriman jadi kebutuhan banyak orang.
Ilustrasi - Layanan pengiriman jadi kebutuhan banyak orang. /Istimewa /

PORTAL JOGJA - Tak terasa sebentar lagi bulan Ramadan sudah semakin dekat. Tak heran jika sejak sekarang Anda bisa melihat banyak yang sudah menjual parsel maupun takjil khas bulan Ramadan.

Selain semakin banyaknya penjual parsel dan takjil, layanan pengiriman juga jadi kebutuhan banyak orang. Apalagi Lebaran jadi momen untuk orang-orang belanja online.

Sebagai driver Lalamove, tentu sayang bila Anda melewatkan kesempatan penghasilan bulan Ramadan ini. Apalagi kalau Anda pandai mengatur biaya operasional. Agar tak bingung, yuk, ikuti tips kelola biaya operasional untuk keuntungan di bulan Ramadan.

1. Optimalisasi Rute Pengambilan dan Pengantaran Orderan

Selama Ramadan akan ada banyak sekali orderan dari berbagai tempat. Tentunya Anda bisa memilih akan mengambil orderan dari lokasi mana saja. Hal yang paling penting, selalu perhatikan rute pengambilan dan pengantaran orderan.

Utamakan ambil orderan dari lokasi yang dekat dengan tempat Anda. Periksa setiap jalan yang akan Anda lalui dan pilih jalur tercepat. Dengan begitu, Anda bisa menghemat bahan bakar sekaligus menghemat waktu dan tenaga saat menyelesaikan orderan.

2. Kontrol Kecepatan Kendaraan

Tahukah Anda kalau lama waktu habisnya bahan bakar kendaraan dapat bergantung dengan kecepatan mengemudi? Semakin cepat Anda mengemudi, semakin cepat juga bahan bakar habis.

Karena itu, selalu perhatikan kecepatan saat mengemudi. Pastikan Anda tak melaju terlalu cepat untuk menghemat bahan bakar. Meski begitu jangan melaju terlalu lambat agar konsumen tidak menunggu lama dan barang sampai tepat waktu.

3. Pertimbangkan Melewati Jalur Tol atau Tidak

Di kota-kota besar, tol tentu menjadi salah satu hal yang sering ditemui. Hampir semua ruas jalan di kota besar berupa tol. Oleh karena itu, tak heran jika Anda akan sering melewati tol saat melakukan pengantaran, khususnya ke luar kota.

Sebelum mengambil pesanan, pertimbangkan apakah Anda akan melalui jalur tol atau tidak. Melewati jalur tol memang membuat pengantaran semakin cepat selesai. Namun, melewati jalur tol pun berarti Anda mesti membayar lebih sebagai uang akses tol.

Untungnya, biaya tol pada pengiriman barang akan ditanggung oleh konsumen. Anda bisa menyarankan konsumen untuk menggunakan layanan tambahan tol agar perjalanan jadi lebih cepat.

Halaman:

Editor: Chandra Adi N


Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x