Mulai 1 November 2023 BBM Non Subsidi Turun Harga

- 1 November 2023, 15:56 WIB
Pertamina mengumumkan harga BBM non subsidi turun per 1 November 2023./Dok. Pertamina.
Pertamina mengumumkan harga BBM non subsidi turun per 1 November 2023./Dok. Pertamina. /

PORTAL JOGJA - PT Pertamina (Persero) pada 1 November 2023 ini menurunkan harga BBM (Bahan Bakar Minyak) Non Subsidi, yaitu Pertamax, Pertamax Green 95, Pertamax Turbo, Dexlite, dan Pertamina Dex. Penurunan harga ini tidak terjadi untuk Pertalite atau BBM subsidi. Ini merupakan langkah Pertamina dalam penyesuaian harga pasar untuk menjaga daya beli masyarakat.

“Harga BBM nonsubsidi setiap bulannya per tanggal 1 mengalami penyesuaian mengikuti harga pasar, namun dapat kita sampaikan bahwa harga BBM Pertamina paling kompetitif untuk menjaga daya beli masyarakat,” ucap VP Corporate Communication PT Pertamina Fadjar Djoko Santoso melalui rilis resmi yang diterima ANTARA pada 1 November 2023.

Penyesuaian harga produk BBM agar tetap kompetitif, dilakukan Pertamina di tengah fluktuasi harga minyak dunia. Pertamina berusaha untuk tetap menjaga kinerja rantai pasoknya, termasuk fleksibilitas dalam memperoleh minyak mentah (crude oil).

“Termasuk kita juga lakukan efisiensi sehingga bisa menghemat biaya produksi, hasilnya BBM Pertamina tetap kompetitif,” kata Fadjar.

Baca Juga: Presiden Beri Saran agar Kegaduhan Penurunan Atribut PDIP di Bali Tidak Terulang

Penyesuaian harga ini merupakan implementasi Keputusan Menteri (Kepmen) ESDM No. 245.K/MG.01/MEM.M/2022 sebagai perubahan atas Kepmen No. 62 K/12/MEM/2020 tentang Formula Harga Dasar Dalam Perhitungan Harga Jual Eceran Jenis Bahan Bakar Minyak Umum Jenis Bensin dan Minyak Solar yang Disalurkan Melalui Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum. Untuk itu masyarakat diharapkan selalu memantau update harga BBM setiap bulan yang akan mengalami penyesuaian sesuai harga pasar.

“Mengacu pada regulasi tersebut, harga BBM setiap bulannya akan mengalami penyesuaian sesuai harga pasar, sehingga masyarakat diharapkan sudah teredukasi dan untuk update harga dapat dicek melalui situs Pertamina maupun aplikasi MyPertamina,” ujarnya.

Adapun harga BBM Pertamina di Daerah Istimewa Yogyakarta DIY mulai 1 November 2023 adalah sebagai berikut.

Pertalite: Rp 10.000 per liter (tidak mengalami perubahan harga)
Pertamax: Rp 13.400 per liter
Pertamax Turbo: Rp 15.500 per liter
Dexlite: 16.950 per liter
Pertamina Dex: Rp 17.750 per liter

Halaman:

Editor: Siti Baruni

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x