Figur Inspiratif Lokal 2023, Berdayakan Sosok Inspiratif untuk Berikan Dampak Positif Bagi Masyarakat

- 31 Oktober 2023, 21:34 WIB
Direktur Pembinaan dan Pengembangan Kewirausahaan (Simpul Tumbuh) UII Arif Wismadi
Direktur Pembinaan dan Pengembangan Kewirausahaan (Simpul Tumbuh) UII Arif Wismadi /istimewa/

PORTAL JOGJA - Universitas Islam Indonesia (UII) melalui Inkubasi Bisnis dan Inovasi Bersama (IBISMA) Direktorat Pembinaan & Pengembangan Kewirausahaan atau Simpul Tumbuh (DPPK/ST) berkerjasama dengan PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk menyelenggarakan Program Figur Inspirasi Lokal (FIL) tahun 2023 yang berlangsung secara daring.  

Program Figur Inspiratif Lokal merupakan program pemberdayaan berupa pelatihan kepada sosok inspiratif lokal yang memiliki inisiatif murni untuk memberikan dampak atau pengaruh positif bagi masyarakat lingkungan sekitarnya. Program ini bertujuan untuk memberdayakan figur-figur inspiratif lokal menjadi pendamping dan penggerak atau informal leader pelaku usaha mikro untuk peningkatkan produktivitas.

Peserta yang mengikuti program FIL memiliki kriteria tersendiri, yaitu memiliki inisiatif murni dan memberikan berdampak positif dalam pemberdayaan kepada pelaku usaha mikro, mampu menginspirasi pelaku usaha mikro dalam pengembangan usaha, dan memiliki karakter baik dan bebas dari kepentingan politik.

Baca Juga: Bahaya TBC Laten, Jangan Sampai Jadi TBC Aktif Cegah dengan TPT

Direktur Pembinaan dan Pengembangan Kewirausahaan (Simpul Tumbuh) UII
Arif Wismadi mengatakan pelaksanaan Figur Inspiratif Lokal 2023 ini diisi berbagai topik pembekalan daring seperti Kepemimpinan Kolaboratif, Keterampilan, Strategi dan Praktek Komunikasi, Konsep & Praktek Membangun Personal Branding, Kewirausahaan Sosial (socio-entrepreneurship) dan Pemasaran Digital.

"Seluruh rangkaian Program FIL ini diikuti oleh 300 peserta yang dibagi kedalam 5 batch. Peserta Figur Inspiratif Lokal berasal dari berbagai kalangan serta terbuka untuk masyarakat umum, sehingga diharapkan dapat memberikan dampak yang positif dan kebermanfaatan luas bagi pemberdayaan usaha mikro di Indonesia," kata Arif dalam keterangan resminya.

Pelatihan ini dilaksanakan dengan sepuluh pertemuan. Pertemuan pertama membahas mengenai kepemimpinan kolaboratif & membangun motivasi terkait bagaimana langkah menjadi seorang pemimpin yang efektif sehingga mampu mengatasi berbagai permasalahan di tengah masyarakat maupun dalam menjalankan usahanya. Pengetahuan mengenai kepemimpinan menjadi sebuah hal yang penting yang harus dimiliki oleh peserta agar dapat menjadi sosok figur yang mampu membawa perubahan di tengah masyarakat.

Baca Juga: Pemkot Yogya Rencanakan Bangun 4 Ruang Terbuka Hijau Publik Baru

Hingga pada pertemuan terakhir peserta mendapatkan informasi mengenai produk dan berbagai simpanan BRI khususnya pada segmen mikro. Informasi tersebut sangat dibutuhkan oleh peserta Figur Inspiratif Lokal agar lebih memahami produk simpanan BRI yang dapat menunjang kehidupan sehari-hari terutama dalam mengembangkan usahanya.

Jadwal pelatihan dimulai pada saat kick-off Pelatihan dimulai dan dilanjutkan dengan materi kepemimpinan kolaboratif. Dalam 1 minggu pelatihan diadakan 2-3 kali pertemuan. Batch pertama dimulai pada bulan Juni 2023 dan batch terakhir dimulai pada Oktober 2023. Dengan materi yang diberikan harapan untuk peserta Figur Inspiratif Lokal dapat menjadi wadah untuk selalu bertumbuh dan memberi makna bagi Indonesia.***

Editor: Chandra Adi N


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x