Mata Uang Lira Turki Merosot Hampir 8% Setelah Lonjakan yang Didorong Oleh Intervensi

- 28 Desember 2021, 12:25 WIB
Lira Turki mengalami penurunan usai pemecatan gubernur bank sentral disaat dolar dan yen menguat. Lira Turki Merosot Hampir 8% Setelah Lonjakan yang Didorong Oleh Intervensi
Lira Turki mengalami penurunan usai pemecatan gubernur bank sentral disaat dolar dan yen menguat. Lira Turki Merosot Hampir 8% Setelah Lonjakan yang Didorong Oleh Intervensi /Reuters/Dado Ruvic

PORTAL JOGJA – Lira jatuh hampir 8% terhadap dolar pada hari Senin di tengah berlanjutnya kekhawatiran investor atas kebijakan moneter Turki, setelah melonjak lebih dari 50% minggu lalu setelah miliaran dolar intervensi pasar yang didukung negara.

Lira juga didukung minggu lalu oleh langkah pemerintah untuk menutupi kerugian FX pada deposito tertentu.

Itu melemah ke level 11,6 terhadap greenback pada hari Senin sebelum memangkas kerugian untuk diperdagangkan pada 11,35 pada pukul 0800 GMT.

"Resistensi nilai tukar utama adalah di 11,45 dan 12,0, dengan level support 10,57 dan 10,25," kata QNB Invest dalam buletin harian.

Reli pekan lalu membawa mata uang Turki kembali ke level pertengahan November.

Baca Juga: Mata Uang Lira Turki Rebound Atau Menguat, Presiden Erdogan Desak Semua Harga Turun

Senin lalu, telah jatuh ke level terendah sepanjang masa 18,4 per dolar, setelah penurunan selama berbulan-bulan karena kekhawatiran inflasi yang meningkat didorong oleh serangkaian penurunan suku bunga yang direkayasa oleh Presiden Tayyip Erdogan.

Pada level saat ini mata uang masih 35% lebih lemah dari pada akhir tahun lalu.

Erdogan mengumumkan Senin malam lalu sebuah skema di mana Departemen Keuangan dan bank sentral akan mengganti kerugian pada deposito lira yang dikonversi terhadap mata uang asing, memicu reli intraday terbesar lira.

Orang Turki tidak menjual dolar dalam jumlah besar pada Senin dan Selasa pekan lalu, menurut data resmi yang menunjukkan bahwa mereka hanya memainkan sedikit peran dalam kenaikan tersebut. Intervensi negara, sementara itu, merugikan bank sentral lebih dari $8 miliar minggu lalu, menurut perhitungan para pedagang.

Halaman:

Editor: Bagus Kurniawan

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x