Manfaat KIS Bisa Cek Penerima Bansos, Cara Membuat Kartu Indonesia Sehat

- 23 Juni 2021, 05:04 WIB
Bagi pemegang Kartu Indonesia Sehat (KIS) berhak dapat BST  Rp600 ribu di Bulan Juni ini, berikut ketentuannya
Bagi pemegang Kartu Indonesia Sehat (KIS) berhak dapat BST Rp600 ribu di Bulan Juni ini, berikut ketentuannya /insulteng.pikiran.rakyat.com

PORTAL JOGJA - Kartu Indonesia Sehat atau KIS digunakan oleh warga kurang mampu untuk mendapatkan layanan pengobatan yang disediakan pemerintah.

Iuran Kartu Indonesia Sehat (KIS) ditanggung pemerintah. BPJS Kesehatan harus dibayar sendiri oleh peserta.

KIS diperuntukkan bagi warga kurang mampu. KIS bisa dipakai di klinik, puskesmas, dokter umum dan rumah sakit seluruh Indonesia.

Selain pengobatan, KIS juga dapat digunakan sebagai tindak pencegahan. Sementara itu, BPJS Kesehatan hanya bisa dipakai ketika dalam kondisi sakit dan memerlukan perawatan.

Baca Juga: Cara Membuat Kartu Indonesia Sehat, Manfaat KIS untuk Cek Penerima Bansos

Cara menggunakan Kartu Indonesia Sehat untuk mendapatkan layanan kesehatan gratis adalah dengan pergi ke fasilitas kesehatan (faskes) I

Layanan kesehatan gratis ini bisa didapat di fasilitas kesehatan tingkat pertama (Faskes I) seperti klinik, dokter umum, dan puskesmas.

Pemegang KIS juga bisa mendapat layanan kesehatan secara gratis di fasilitas kesehatan tingkat lanjutan (FKRTL) seperti rumah sakit setelah mendapatkan rujukan dari Faskes I.

Rujukan biasa diberikan sesuai dengan tingkat keparahan penyakit dari penerima KIS.

Bagaimana cara mendapatkan Kartu Indonesia Sehat?

Halaman:

Editor: Bagus Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x