Lama Tak Jumpa, Indonesia Kembali Bertemu Jepang di Piala Asia 2023

- 24 Januari 2024, 18:05 WIB
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong didampingi striker Egy Maulana Vikri saat konferensi pers Selasa 23 Januari 2024 atau sehari jelang pertandingan Indonesia vs Jepang di Stadion Al Thumama, Doha.*/PSSI
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong didampingi striker Egy Maulana Vikri saat konferensi pers Selasa 23 Januari 2024 atau sehari jelang pertandingan Indonesia vs Jepang di Stadion Al Thumama, Doha.*/PSSI /

PORTAL JOGJA - Setelah hampir 35 tahun tak berjumpa dengan Jepang, akhirnya timnas Indonesia bakal bertarung melawan Tim Samurai Biru pada babak penyisihan Grup D Piala Asia 2023. Pertarungan kedua skuad ini akan berlangsung Rabu 24 Januari 2024 pukul 18.30 WIB di Stadion Al Thumama, Doha, Qatar.

Ini merupakan pertandingan ketiga kali penyisihan Grup D yang dimainkan skuad Garuda pada Piala Asia 2023. Laga perdana lawan Irak menghempaskan harapan anak asuh pelatih Shin Tae Yong. Irak berhasil membuahkan 3 gol untuk menahan Indonesia yang hanya mampu mempersembahkan 1 gol. Sementara laga kedua lawan Vietnam, hasil manis dipetik Asnawi dan kawan-kawan dengan 1 gol sedangkan tanpa gol untuk Vietnam.

Walaupun kesebelasan Tanah Air ini sudah mendapat tiga poin kemenangan, tetapi ini belum cukup aman untuk bisa menuju babak 16 besar Piala Asia. Setidaknya butuh satu kali kemenangan lagi atau gol imbang kontra Jepang jika ingin aman lolos dari fase grup guna melangkah pada babak berikutnya.

Baca Juga: Kontrak Kerja Shin Tae yong di Timnas, Tergantung Review Piala Asia

Kesiapsiagaan Skuad Garuda untuk mengambil poin dari tim Negeri Matahari Terbit itu pada perjumpaan di Stadion Al Thumama, Doha dikemukakan bek timnas Sandy Walsh.

"Kami harus bermain dengan hati dan energi, dan memberikan yang terbaik yang kami bisa dengan satu (imbang) atau tiga (menang) poin. Jepang adalah tim dengan pemain bagus, kami harus mencoba yang terbaik," katanya di Doha pada Selasa 23 Januari 2024, sebagaimana dikutip dari ANTARA.

Di lain pihak kemenangan 1-0 melawan Vietnam pada 19 Januari 2024 berdampak pada naiknya mental juang anak didik coach Shin untuk menghadapi Jepang pada pertarungan penutup grup Rabu ini.

Baca Juga: Kalah dari Irak Di Piala Asia 2023, Shin Apresiasi Anak Asuhnya Tapi Erick Minta Pembenahan

"Kemenangan di laga terakhir jelas menaikkan mental kami dan kami lapar untuk kemenangan lainnya. Itu sangat berarti bagi kami, sangat membantu kami untuk siap menghadapi pertandingan besok (Rabu 24 Januari 2024)," kata salah satu pemain, Egy Maulana Vikri, dalam konferensi pers Doha, Qatar, Selasa kemarin.

Halaman:

Editor: Siti Baruni

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x