Sukses Juarai GP Emilia Romagna, Vinales patahkan 'kutukan' Sirkuit Misano

- 20 September 2020, 21:49 WIB
Hasil final MotoGP Emilia Romagna dimenangkan Maverick Vinales.
Hasil final MotoGP Emilia Romagna dimenangkan Maverick Vinales. /- Foto : Twitter @MotoGP

PORTAL JOGJA - Pembalap Maverick Vinales Berjaya menjuarai Grand Prix Emilia Romagna yang berlangsung di Sirkui Misano Italia Hari ini Minggu 20 September 2020.

Pebalap tim Monster Energy Yamaha itu berhasil menempati podium utama setelah memanfaatkan insiden jatuhnya Francesco Bagnaia saat adu balap menyisakan tujuh putara. Jatuhnya Bagnaia menjadikan Vinales bebas melaju hingga finish di urutan pertama.

Sejak awal, Vinales yang menempati pole position telah terlihat unggul dan memimpin balapan sejak lap pertama. Meski sempat disalip oleh Jack Miller (Ducati) di permulaan dan Francesco Banaia di lap ke-5, namun toh akhirnya ia berhasil finish pertama.

Baca Juga: Update Covid- 19 Indonesia. DKI Jakarta Sumbang Angka Sembuh Terbanyak

Keberhasilan Vinales ini juga disebut sebagai prestasi ‘mengalahkan kutukan’ Sirkuit Misano.  Pasalnya, sejak 2007 hanya ada 3 pembalap yang menang di Misano setelah start dari pole position. Ketiganya adalah Casey Stoner (2007), Valentino Rossi (2009) dan Dani Pedrosa (2010).

Sejak 2011 tak ada lagi pembalap di pole position yang berhasil menjadi juara. Namun ‘kutukan’ itu akhirnya patah oleh kejayaan Vinales hari ini.

Posisi runner up MotoGP Emelia Romagna ditempati oleh Joan Mir dari Suzuki Ecstar. Sementara Pol Espargaro dari Red Bull KTM Factory berhak naik podium setelah Fabio Quartararo dari Petronas Yamaha terkena penalti tambahan tiga detik karena melanggar batas trek dan mundur ke peringkat empat setelah mengabaikan penalti long lap.

Baca Juga: Mahasiswa UGM Tewas Tenggelam di Sungai Oya di Bantul

Berikut hasil GP Emilia Romagna :

  1. Maverick Viñales Monster Yamaha (YZR-M1)
  2. Joan Mir Suzuki Ecstar (GSX-RR)
  3. Pol Espargaro Red Bull KTM Factory (RC16)
  4. Fabio Quartararo Petronas Yamaha (YZR-M1)
  5. Miguel Oliveira Red Bull KTM Tech3 (RC16)
  6. Takaaki Nakagami LCR Honda (RC213V)
  7. Alex Marquez Repsol Honda (RC213V)
  8. Andrea Dovizioso Ducati Team (GP20)
  9. Franco Morbidelli Petronas Yamaha (YZR-M1)
  10. Danilo Petrucci Ducati Team (GP20)

MotoGP Emilia Romagna memang berlangsung ketat. Franco Morbidelli yang berhasil memanangkan balapan MotoGP San Marino minggu lalu harus menelan kekecewaan karena hanya berada di posisi 10. Sedang Valentino Rossi pun harus gigit jari karena gagal finish. ***

Editor: Siti Baruni


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x