FIBA World Cup 2023 Dibuka Presiden Jokowi, Agnez Bangga Bisa Meriahkan Opening Ceremony

- 26 Agustus 2023, 20:54 WIB
Agnez Mo Meriahkan Opening Ceremony FIBA World Cup 2023
Agnez Mo Meriahkan Opening Ceremony FIBA World Cup 2023 /Instagram/@Agnes Mo/

PORTAL JOGJA - FIBA World Cup 2023 sudah memulai tip-off pada Jumat, 25 Agustus di Indonesia Arena, Kompleks Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta. Seremoni pembukaan Piala Dunia Basket ini digelar usai laga antara Latvia vs Lebanon.

Opening ceremony dimulai pada pukul 19.20 WIB. Tari tradisional yang melibatkan 60 penari dengan berbagai baju adat Nusantara ditampilkan, beserta lima ondel-ondel Betawi. Setelah pertunjukan tarian ini, Presiden Jokowi kemudian membuka event basket global.

"Hari ini Indonesia jadi tuan rumah bersama ajang bergengsi dunia yaitu FIBA World Cup 2023 di Indonesia Arena," kata Jokowi dalam rekaman yang ditayangkan di videotron Indonesia Arena.

Baca Juga: Ketua Komnas PA Arist Merdeka Sirait Meninggal, Akan Dimakamkan Di Porsea

"Piala Dunia ini diikuti 32 negara dan ada delapan negara yang bertanding di Jakarta. Tentunya ini kesempatan yang baik untuk komunitas basket di Tanah Air untuk menyaksikan dari dekat aksi pertandingan elas dunia. Ini akan membantu tim nasioal bola basket di masa depan. Dengan mengucap Bismillah, FIBA World Cup 2023 resmi saya buka hari ini," lanjut Jokowi.

Setelah itu, upacara pembukaan dilanjutkan dengan parade bendera peserta FIBA World Cup 2023 Indonesia yang juga melibatkan para penari. Acara ditutup dengan performa Agnez Mo yang membawakan dua buah berkolaborasi dengan penyanyi Amerika Serikat, yakni "Coke Bottle" dan "Get Loose". 

Agnez tidak merasa asing di lapangan basket. Sebab, dia dilahirkan dari pasangan olahragawan dan besar di lingkungan atlet.

"Kadang-kadang orang suka nggak tahu, keluarga saya itu sebenarnya keluarga atlet. Dari mulai paman, sampai orang tua saya dua-duanya mantan atlet nasional dengan prestasi sangat membanggakan. Makanya dunia olahraga itu buat saya kental banget," kata Agnez selepas opening ceremony.

Ibu Agnez, Jenny Siswono, merupakan petenis meja nasional. Sementara ayahnya, Ricky Muljoto, merupakan pemain basket.

"Dulu ibu dan ayah saya mewakili Indonesia, sekarang saya mewakili negara saya di sini. Mungkin beda area saja, dulu orang tua saya di basket dan tenis meja, saya di art. Rasanya seperti tidak nyata," kata Agnez mengomentari kesempatanya menjadi penampil utama di opening ceremony FIBA World Cup 2023 Indonesia.

Halaman:

Editor: Chandra Adi N


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x