Emilia Nova Jadi Perempuan Pertama Pembawa Bendera Merah Putih pada Defile Pembukaan SEA Games

- 28 April 2022, 11:08 WIB
Atlet lari gawang Emilia Nova dipercaya jadi pembawa bendera Merah Putih pada defile Pembukaan SEA Games 2021 di Vietnam 12 Mei 2022 mendatang.
Atlet lari gawang Emilia Nova dipercaya jadi pembawa bendera Merah Putih pada defile Pembukaan SEA Games 2021 di Vietnam 12 Mei 2022 mendatang. /Instagram/@emilianovanv/

PORTAL JOGJA – Atlet lari gawang Emilia Nova bakal jadi atlet perempuan pertama yang dipercaya menjadi pembawa bendera Merah Putih dalam defile kontingen Indonesia di upacara pembukaan SEA Games 2021 di Vietnam pada 12 Mei 2022.

Dilansir dari Antara, Chef de Mission (CdM) kontingen Indonesia untuk SEA Games 2021 Ferry J Kono mengungkapkan, pemilihan Emilia sebagai pembawa bendera selain karena prestasinya, juga sebagai kepedulian terhadap kesetaraan gender.

“Ia berprestasi, dan terpenting adalah kami ingin membuktikan kami sangat peduli dan mengedepankan kesetaraan gender. Kami memposisikan atlet putra dan putri memiliki hak dan kesempatan yang setara,” kata Ferry J Kono seperti dikutip Antara.

Baca Juga: Ade Yasin Sebut Tak Pernah Suruh Anak Buah Menyuap dan Dipaksa Bertanggungjawab atas Ulah Anak Buah

Diantara prestasi Emilia Nova adalah peraih medali emas di ajang SEA Games 2019 di Filipina, meraih medali perak pada Asian Games 2018 Jakarta-Palembang dan sebelumnya juga meraih medali perak pada SEA Games 2017 di Kuala Lumpur Malaysia.

Panitia penyelenggara SEA Games Vietnam (VIESGOC) menurut Ferry J Kono sudah merilis aturan parade defile yang antara lain membatasi jumlah peserta defile tiap negara.

Setiap negara dibatasi hanya boleh membawa 31 partisipan, terdiri atas CdM, pembawa bendera, atlet, pelatih dan ofisial. Dengan aturan tersebut, maka tidak semua atlet mengikuti pembukaan SEA Games 2021 Vietnam.

Baca Juga: Gunung Ibu Minggu Ini Tiap Hari Erupsi, Pagi Ini Kembali Erupsi Setinggi 2.500 Meter

Bagi Emil, kepercayaan itu sangat membanggakan. Terlebih ajang SEA Games 2021 merupakan laga pertamanya setelah pulih dari cidera.

“Ibaratnya ajang ini menjadi comeback saya. Semoga dengan terpilihnya saya juga bisa memberikan semangat sehingga saya bisa memberikan prestasi lebih baik lagi untuk Indonesia,” kata perempuan kelahiran  20 Agustus 1995 tersebut.***

Editor: Siti Baruni

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x