Sempat Tertunda, Akhirnya Olimpiade Tokyo Resmi Dimulai

- 23 Juli 2021, 23:50 WIB
Petenis Jepang Naomi Osaka mendapat kehormatan untuk menyalakan bokor Olimpiade Tokyo.
Petenis Jepang Naomi Osaka mendapat kehormatan untuk menyalakan bokor Olimpiade Tokyo. /Foto : Instagram @olympics/

PORTAL JOGJA - Setelah sempat mengalami penundaan dan melewati berbagai masalah, Olimpiade Tokyo akhirnya resmi dimulai. Upacara Pembukaan Olimpiade Tokyo berlangsung meriah meski nyaris tanpa penonton.

Upacara pembukaan yang mengambil tempat di National Stadium tersebut menandai dimulainya Olimpiade yang akan berlangsung selama 17 hari atau sampai 8 Agustus 2021 mendatang.

Petenis sensasional Jepang Naomi Osaka mendapat kehormatan menyalakan bokor Oimpiade berbahan bakar hydrogen. Bokor yang dinyalakan Naomi awalnya berupa bola yang terletak di atas sebuah bentuk yang menyerupai gunung Fuji Jepang.

Penyalaan bokor Olimpiade yang diikuti nyala kembang api berwarna oranye, kuning dan hijau yang menerangi stadion sekaligus menandakan bahwa semua pertandingan di Olimpiade Tokyo telah resmi dimulai.

Baca Juga: Harry Kane Gabung Man City dengan Gaji Fantastis

Dilansir dari Kyodo News, Olimpiade Tokyo melibatkan sekitar 11 ribu atlet dari lebih dari 200 negara. Hanya saja Olimpiade Tokyo ini menjadi yang pertama dalam sejarah Olimpiade, yang penyelenggaraannya tanpa penonton.

Kaisar Naruhito dalam sambutannya menyatakan, pertandingan Olimpiade ke-32 dibuka dalam upacara di stadion yang baru dibangun yang dihadiri oleh kurang dari 1.000 VIP seperti pejabat Komite Olimpiade Internasional dan pejabat asing.

Sementara itu, Presiden IOC Thomas Bach dalam pidatonya mengatakan, pandemi telah menciptakan jarak antara umat manusia, dan memisahkan orang dari orang yang mereka cintai.

"Tapi hari ini, di mana pun di dunia Anda berada, kita bersatu untuk berbagi momen ini bersama. Api Olimpiade membuat cahaya ini bersinar lebih terang bagi kita semua," katanya.

Dengan suara versi orkestra dari lagu-lagu video game Jepang yang populer, termasuk dari judul "Dragon Quest", sekitar 6.000 atlet dan ofisial tim bermasker diarak ke dalam upacara.

Halaman:

Editor: Siti Baruni

Sumber: Kyodo News


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x