Olimpiade Tokyo Dibuka Hari Ini, Diikuti Sekitar 11 Ribu Atlet Di Tengah Kekhawatiran Penyebaran Covid-19

- 23 Juli 2021, 10:37 WIB
Maskot Olimpiade Tokyo
Maskot Olimpiade Tokyo /Tangkapan layar / olympic.org/

PORTAL JOGJA – Perhelatan dunia Olimpiade Toyo akan dibuka hari ini Jumat 23 Juli 2021 pukul 8 malam waktu setempat. Olimpiade Tokyo ini dibuka dalam kondisi yang belum pernah terjadi sebelumnya, yaitu di tengah pandemic Covid-19.

Dilansir dari Kyodo News, upacara pembukaan Olimpiade Tokyo akan  berlangsung di Stadion Nasional. Ajang ini akan menjadi sajian olahraga terbesar di dunia yang diadakan sejak pandemi Covid-19 menyebar awal tahun 2020 silam.

Sebanyak sekitar 11.000 atlet dari lebih dari 200 negara akan berlaga dalam Olimpiade Tokyo. Untuk pertama kalinya pula, pertandingan-pertandingan dalam cabang olahraga Olimpiade Tokyo digelar tanpa penonton.

Baca Juga: Antisipasi Spyware Pegasus Israel, Presiden Prancis Tanggapi Serius dengan Ganti Nomor Telepon

Hingga saat ini banyak yang mempertanyakan nilai penyelenggaraan Olimpiade yang digadang-gadang menjadi simbol solidaritas global dan kemenangan atas virus.

Hal itu disebabkan karena penyelenggaraan Olimpiade di Tokyo yang diketahui hingga saat ini belum berhasil menang atas pertarungan dengan virus Covid-19.  Tokyo masih bertarung dengan jumlah infeksi Covid-19 pada level tertinggi dalam enam bulan terakhir. 

Tak heran jika masyakat pun khawatir, bahwa Olimpiade dan Paralimpiade dapat berubah menjadi acara superspreader yang membebani sistem medis setempat.

Baca Juga: Cuaca Buruk di China Menyebar Hingga ke 4 Kota di Utara, Puluhan Ribu Orang Telah Dievakuasi

Kasus Covid-19 telah terdeteksi hampir setiap hari sejak awal Juli di antara para atlet dan staf di dalam dan di luar perkampungan atlet.

Sementara itu dampak panas ekstrem yang tengah berlangsung di Jepang juga menjadi masalah tersendiri bagi atlet yang bertanding. Suhu di Jepang pada hari-hari belakangan ini mencapai 30 derajat Celcius.***

Editor: Siti Baruni

Sumber: Kyodo News


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah