Bagi Fans Napoli, Sang Legenda Maradona Akan Selalu Hidup dan Jadi Dewa

- 26 November 2020, 18:08 WIB
Legenda hidup sepakbola dunia Diego Maradona menghembuskan nafas terakhir di Tigre, Rabu 25 November 2020.
Legenda hidup sepakbola dunia Diego Maradona menghembuskan nafas terakhir di Tigre, Rabu 25 November 2020. /ANTARA

PORTAL JOGJA - Jika ada satu tempat di luar Argentina yang sangat berduka atas kepergian Diego Maradona, maka tempat tersebut adalah Napoli.

Di seluruh dunia Maradona dihormati sebagai pemain sepak bola terhebat yang pernah ada, tapi di Napoli dia lebih dari itu.

Seperti dilansir dari AP news, Maradona diperlakukan sebagai dewa karena caranya membawa Napoli meraih dua gelar juara Serie A - pada tahun 1987 dan 1990. Maradona telah membangkitkan semangat kota Italia selatan, yang secara geografis dan sosio-ekonomi masih jauh dari ibu kota sepak bola negara itu yakni Milan dan Turin.

Baca Juga: Barang Mewah dalam Dugaan Kasus Suap Menteri KKP Edhy Prabowo, Ada Tas LV Hingga Jam Rolex

“Maradona bukan hanya seorang pemain. Dia mewakili semangat Napoli selama bertahun-tahun, ”kata mantan presiden Napoli Corrado Ferlaino, yang memiliki klub tersebut ketika Maradona bermain di sana.

Juru bicara Maradona, Sebastián Sanchi, mengatakan dia meninggal pada hari Rabu 25 November 2020 karena serangan jantung pada usia 60 tahun, dua minggu setelah keluar dari rumah sakit di Buenos Aires usai menjalani operasi otak.

Setelah mendengar berita tersebut, ribuan warga Napoli turun ke jalan-jalan kota untuk menghormati Maradona dan menyalakan lilin untuk mengenangnya. Meskipun berkerumun dilarang karena kota itu terletak di zona merah virus korona, banyak dari mereka berdiri di bawah mural besar pahlawan mereka yang menutupi seluruh sisi bangunan pusat kota.

Baca Juga: Ditetapkan Era SBY, 28 November Adalah Hari Menanam Pohon Indonesia

"Sangat emosional sehingga tidak dapat diungkapkan dengan kata-kata, kamu tidak akan bisa menjelaskannya, Dia memberi kami begitu banyak. Dia membuat kami mengalami emosi yang luar biasa," kata seorang penduduk setempat, Francesco Errico.

Walikota Napoli Luigi De Magistris segera mengusulkan agar Stadion San Paolo di kota itu diganti namanya menjadi Maradona - dan memerintahkan lampu stadion dinyalakan sepanjang malam meskipun tidak ada pertandingan yang dimainkan di sana.

Halaman:

Editor: Bagus Kurniawan

Sumber: AP News


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x