Berkah Dhaup Ageng Pura Pakualaman, Hunian Kamar Hotel di Yogyakarta Naik 70 Persen

- 9 Januari 2024, 16:27 WIB
Rangkaian Menjelang gelaran Dhaup Ageng B.P.H. Kusumo Kuntonugroho & dr. Laily Annisa Kusumastuti
Rangkaian Menjelang gelaran Dhaup Ageng B.P.H. Kusumo Kuntonugroho & dr. Laily Annisa Kusumastuti /Istimewa - dok panitia/

PORTAL JOGJA - Prosesi Dhaup Ageng putra bungsu Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Paku Alam X ternyata memberikan berkah tersendiri pada pengusaha hotel dan penginapan di Kota Yogyakarta.

Rangkaian acara pernikahan BPH Kusumo Kuntonugroho dengan Laily Annisa Kusumastuti yang digelar 7 hingga 11 Januari 2024 ini mampu menaikkan pemesanan kamar hotel di Yogyakarta yang sudah mencapai 70 persen pada tanggal tersebut.

"Kita perkirakan tidak hanya di Kota Yogya atau sekitar Pura Pakualaman, anggota kami yang akan mendapatkan tamu imbas Dhaup Ageng. Ini yang perlu kita syukuri karena reservasi ini merangkak naik. Kita harapkan bisa 80 sampai 90 persen target kita dengan adanya Dhaup Ageng ini," kata Ketua Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI)  DIY Deddy Pranowo di Yogyakarta pada Senin 8 Januari 2024 sebagaimana dikutip dari ANTARA Jogja.

Baca Juga: 'Manifestasi Kecerdasan Bathara Indra' Jadi Tema Prosesi Dhaup Ageng Putra Bungsu Paku Alam X

Kenaikan pada pemesanan kamar baik hotel berbintang atau pun kelas melati, dibenarkan oleh George Edwin Anatoni selaku General Manager Hotel Jambuluwuk yang memperlihatkan data hunian di hotel berbintang lima tersebut. Bahkan untuk periode 10 hingga 12 Januari 2024, pemesanan di hotel yang terletak di daerah Purwokinanti, Pakualaman ini sudah mencapai 80 persen.

"Kebanyakan sih, lonjakan di tanggal 10. Tanggal 10 mereka masuk, baru 12 mereka check-out." katanya.

Seperti diketahui bahwa puncak acara pernikahan putra Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta ini akan dilaksanakan pada 10 Januari 2024 dengan prosesi akad dan resepsi hari pertama bertempat. Pada resepsi hari pertama ini, keluarga mempelai mengundang 1.500 tamu termasuk Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin, serta tiga pasang capres-cawapres.

Baca Juga: Event Hari Ini di Yogyakarta, Rangkaian Dhaup Ageng Kadipaten Pakulaman

Wakil Presiden Ma'ruf Amin beserta istri telah memberitahukan soal kehadirannya pada gelaran di Kagungan Dalem Bangsal Sewatama, Pura Pakualaman ini. Ma’ruf Amin didampingi istri Wury Ma’ruf Amin bertolak dari Pangkalan Udara TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta menuju Lanud TNI AU Adisutjipto, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta pada Selasa 9 Januari 2024 sekitar pukul 14.00 WIB.

Halaman:

Editor: Siti Baruni

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x