Meningkatkan Kapasitas UMKM Lokal dengan Mitra Nasional Melalui Business Matching

- 6 Desember 2023, 08:48 WIB
Business Matching Batch II Tahun 2023. di Grand Mercure Yogyakarta
Business Matching Batch II Tahun 2023. di Grand Mercure Yogyakarta /Humas DIY/

PORTAL JOGJA - Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menjadi tempat diselenggarakannya Business Matching Batch II Tahun 2023. Mengusung tema "Semangat Berkolaborasi dan Bersinergi Untuk Negeri", Program Business Matching ini, dirancang untuk menyatukan pelaku UMKM lokal dengan mitra regional dan nasional, dengan tujuannya untuk meningkatkan kapasitas UMKM dan meningkatkan penyerapan tenaga kerja.

“Business Matching tidak sekadar menjadi penghubung perusahaan dengan kebutuhannya, tetapi lebih jauh lagi, ini tentang membentuk simbiosis mutualisme yang saling menguntungkan antara UMKM dengan Perusahaan besar yang sudah mencapai titik eksistensinya. Tujuan dari Business Matching sangatlah jelas, yaitu untuk memulai pengembangan jaringan bisnis, peningkatan peluang bisnis, kolaborasi, hingga terbukanya akses ke sumber daya pendukung produksi,” ungkap Staf Ahli Gubernur DIY Bidang Hukum, Pemerintahan, dan Politik, Sukamto membacakan sambutan Gubernur DIY, Selasa (5/12) di Grand Mercure Yogyakarta.

Sukamto mengucapkan terimakasih karena Kementerian Tenaga Kerja RI memberikan kesempatan kepada 45 UKM dari Jogja, termasuk diantaranya, 34 UKM yang mewakili produk unggulan Badan Usaha Milik Kalurahan (BUMKal), untuk turut serta dalam acara ini. Pada agenda ini KPH. Yudanegara Kepala Biro Tata Pemerintahan Setda DIY turut melakukan kunjungan dan melihat langsung pameran produk UMKM terpilih.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca DIY Hari Ini Rabu, 6 Desember 2023

Dengan dilibatkannya 34 UMKM binaan BUMKal, maka Kementerian Tenaga Kerja telah mendukung implementasi Reformasi Kalurahan, dimana fokusnya adalah Pemberdayaan Masyarakat, melalui pemberdayaan perekonomian dan pengentasan kemiskinan. “Saya juga ingin menyampaikan apresiasi kepada mitra lokal dan nasional, yang telah mendukung produk unggulan Kalurahan binaan BUMKal DIY. Kolaborasi ini akan berkontribusi dalam berbagai upaya meningkatkan produktivitas UMKM, memperluas peluang ekonomi masyarakat, serta penyerapan tenaga kerja di wilayah DIY,” papar Sukamto.

PLT Dirjen Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja Haiyani Rumondang selaku ketua penyelenggara menuturkan, Business Matching ini merupakan puncak dari rangkaian kegiatan penciptaan Tenaga Kerja Mandiri (TKM) lanjutan yang dilaksanakan oleh Balai Besar Perluasan Kesepakatan Kerja Bandung Barat.

“Program penciptaan TKM lanjutan didesain secara lengkap sebagai suatu ekosistem kewirausahaan. Dimulai dari pembekalan kewirausahaan, bantuan pemerintah berupa uang untuk peningkatan usaha, kemudian dilanjutkan pendampingan dari wirausaha dari pendamping terpilih yang disebut sebagai tenaga kerja sukarela. Puncaknya adalah Bisnis Matching untuk memfasilitasi pertemuan antara TKM dengan mitra atau investor,” papar haiyani.

Bisnis Matching tahun 2023 ini adalah lanjutan yang sebenarnya sudah dimulai tahun 2021 yang dilaksanakan setiap dua kali dalam setahun. Tapi ada yang berbeda pada tahun 2023 dibanding tahun-tahun sebelumnya. Yaitu peserta bisnis selain dari TKM lanjutan juga diberikan kesempatan untuk TKM pemula, UMKM penyandang disabilitas, dan UMKM umum dari seluruh Indonesia. Mereka mendaftar secara online dan dilakukan oleh calon mitra dan panitia dari Balai Besar Kesempatan Kerja Bandung Barat.

“Kementrian Ketenagakerjaan ditugaskan untuk melakukan perluasan kesempatan kerja dan kesempatan berusaha, menciptakan lapangan kerja baru atau mengembangkan pekerjaan yang sudah ada. Kemenaker mengadakan kegiatan TKM baik pemula maupun lanjutan yang fokusnya adalah menjaga wirausaha mandiri untuk perluasan kesempatan kerja. Total TKM lanjutan tahun 2023 sebanyak 2.948 dan 1529 diantaranya adalah termasuk kategori kemiskinan ekstrim,” ungkap Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia, Ida Fauziah.

Baca Juga: Info Pemadaman Listrik di Yogyakarta Hari Ini Rabu, 6 Desember 2023

Halaman:

Editor: Chandra Adi N


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x