Tantangan Dunia Kerja yang Kompetitif, JobStreet Express Berikan Cara Efisien dan Cepat bagi Pencari Kerja

- 26 November 2023, 06:55 WIB
JobStreet Express telah beroperasi di berbagai kota seperti Bali, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Cirebon, dan Lombok.
JobStreet Express telah beroperasi di berbagai kota seperti Bali, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Cirebon, dan Lombok. /Istimewa/

PORTAL JOGJA - Pada era yang terus berkembang dan berubah, mencari pekerjaan di Indonesia dapat menjadi tantangan yang memerlukan keterampilan, ketekunan, dan adaptabilitas. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi proses pencarian pekerjaan. Indonesia memiliki populasi yang besar, dan pertumbuhan penduduk yang pesat menciptakan persaingan tinggi di pasar kerja. Perguruan tinggi dan lembaga pelatihan menghasilkan sejumlah lulusan setiap tahun, meningkatkan persaingan untuk pekerjaan terbatas.

Kesenjangan antara keterampilan yang dimiliki oleh lulusan dan yang dibutuhkan oleh industri sering kali menjadi tantangan. Industri sering mencari individu dengan keterampilan khusus, terutama yang terkait dengan teknologi dan inovasi. Meskipun banyak pekerja di sektor informal, pekerjaan di sektor ini seringkali kurang stabil dan memiliki jaminan sosial yang minim. Tantangan mencari pekerjaan yang memberikan keamanan dan manfaat sosial sering kali menjadi prioritas.

Perubahan cepat dalam teknologi dan transformasi digital dapat menciptakan pekerjaan baru tetapi juga menggeser permintaan untuk keterampilan tertentu. Pemahaman terhadap tren teknologi dan adaptabilitas menjadi kunci dalam menghadapi tantangan ini. Selain itu Kondisi ekonomi yang tidak stabil, terutama selama masa krisis, dapat menciptakan ketidakpastian di pasar kerja. Beberapa industri mungkin mengalami penurunan permintaan, sementara yang lain berkembang.

Baca Juga: UII Wisuda 1108 Mahasiswa, Rektor Prof Fathul Wahid Ingatkan Tantangan Terkait AI dan Mahadata

Dalam misi untuk membangun Indonesia maju dengan memperluas kesempatan kerja, JobStreet Express teknologi pencarian kerja terkemuka di Indonesia terus membangun jejaring di berbagai kota besar di Indonesia. JobStreet Express yang hadir sejak Oktober 2022, kini telah memiliki puluhan ribu mitra perusahaan di Bali, Lombok, Yogyakarta, Bandung, Cirebon hingga Surabaya. Berkat kolaborasi dan pembaharuan yang terus menerus dilakukan oleh JobStreet Express, menuai berbagai respons positif dari rekrutmen hingga pencari kerja semi-terampil.

“Tujuan kami untuk terus memperluas jejaring ke berbagai lokasi adalah untuk mendukung misi besar JobStreet Express, sekaligus menjadi partner rekrutmen yang terpercaya dan paling diandalkan dalam bidang semi-terampil di Indonesia. Di sisi lain, kami juga ingin berkontribusi untuk menurunkan tingkat pengangguran terbuka yang masih cukup tinggi di tanah air, termasuk di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta,” tutur Woon Hann Khoo, selaku Head of JobStreet Express.

Berdasar data Badan Pusat Statistik (BPS), angka pengangguran di Indonesia pada Agustus 2023 mengalami penurunan dari Februari 2023. Pengangguran di Indonesia mencapai 7,86 juta orang per Agustus 2023, dari total 147,71 juta angkatan kerja atau setara dengan tingkat pengangguran terbuka (TPT) sebesar 5,32 persen. Jumlah pengangguran turun 130 ribu orang dan indikator Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) turun 0,13 persen.

Sementara itu, Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) Provinsi D.I. Yogyakarta menurut data BPS per Agustus 2023 sebesar 3,69 persen. Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja (TPAK) sebesar 74,08 persen, dengan jumlah angkatan kerja sebanyak 2,22 juta orang dan penduduk bekerja sebanyak 2,14 juta orang atau 96,31 persen dari total angkatan kerja.

Kehadiran JobStreet Express yang terus membangun jaringan kemitraan di D.I. Yogyakarta hingga optimalisasi platform yang ramah bagi rekrutmen maupun pencari kerja. Hal ini merupakan langkah nyata dalam membantu program pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) guna menurunkan angka pengangguran usia produktif. Hal ini sekaligus menjadi misi utama JobStreet Express sebagai solusi yang tepat dalam memperluas kesempatan kerja.

JobStreet Express juga berupaya untuk menjadi partner pencari kerja yang dapat diandalkan bagi berbagai kalangan. Beragam daftar lowongan kerja dari berbagai perusahaan terpercaya dapat dengan mudah diakses melalui website id.jobstreetexpress.com dan aplikasi JobStreet Express yang dapat diunduh melalui App Store atau Play Store. Lowongan yang tersedia bervariasi tipenya mulai dari full-time, part time, dan daily worker.

Halaman:

Editor: Chandra Adi N


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x