Perkuat Ekonomi Nasional dengan Gunakan Produk Dalam Negeri

- 23 November 2023, 05:35 WIB
Business Matching Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) yang diselenggarakan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan DIY pada Rabu (22/11).
Business Matching Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) yang diselenggarakan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan DIY pada Rabu (22/11). /Humas DIY/

PORTAL JOGJA - Pemda DIY terus berupaya meningkatkan penggunaan produk dalam negeri dengan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) sejalan dengan program pemerintah pusat. Karena dengan menggunakan produk dalam negeri, perekonomian nasional bisa semakin diperkuat.

Hal ini disampaikan Sekretaris Daerah DIY, Beny Suharsono pada Business Matching Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) yang diselenggarakan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan DIY pada Rabu (22/11). Acara yang diselenggarakan di Transmart ini juga dihadiri oleh para Kepala OPD di lingkungan Pemda DIY.

“Kami mengapresiasi bagi OPD yang telah membelanjakan anggarannya dengan membeli produk dalam negeri. Sekali lagi, kita wajib menggunakan produk dalam negeri. Tingkatkan terus penggunaan produk dalam negeri dengan memanfaatkan kekuatan kita. Satu rupiah yang kita gunakan mampu mengungkit 2,2 rupiah perekonomian nasional. Ini luar biasa,” ungkapnya.

Baca Juga: Sinopsis Film Brahms: The Boy II, Teror di Balik Sebuah Boneka Misterius

Beny pun mengajak seluruh masyarakat untuk bangga menggunakan produk Jogja, karena dengan bangga buatan Jogja berarti juga bangga buatan Indonesia.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan DIY, Syam Arjayanti menjelaskan, maksud dan tujuan terselenggarakan Business Matching P3DN ini ialah ingin mengoptimalkan peningkatan penggunaan produk dalam negeri di DIY, serta meningkatkan pemahaman OPD di DIY tentang program P3DN.

“Melalui acara ini kami juga ingin mengoptimalkan belanja produk dalam negeri oleh Pemda DIY maupun BUMD. Melalui pameran produknya, kami juga ingin mempertemukan perusahaan yang memproduksi barang dan jasa dalam negeri dengan OPD atau konsumen yang akan membelanjakan anggarannya, serta menjadi upaya meningkatkan kualitas dan produktivitas pelaku industri dalam negeri dalam memproduksi barang dan jasa sesuai dengan kebutuhan konsumen,” paparnya.

Baca Juga: Pembibitan Calon Atlet Berprestasi dalam Gebyar Olahraga Pendidikan DIY 2023

Syam menjelaskan, terdapat 20 perusahaan dari jenis produk yang ikut serta pada business matching kali ini. Acara yang akan diselenggarakan selama dua hari ini, yakni 22-23 November 2023 ini juga menyediakan layanan helpdesk guna memberikan bantuan berupa konsultasi bagi OPD yang kesulitan untuk realisasi P3DN. Pihaknya pun berharap OPD di lingkungan Pemda DIY bisa semakin meningkatkan belanja anggarannya untuk belanja produk dalam negeri.

“Melalui acara ini, kami ingin mengajak masyarakat agar lebih mencintai dan merasa bangga dengan produk-produk lokal buatan Industri Kecil dan Menengah (IKM) DIY. Saat ini, tiga OPD dengan peringkat tertinggi penggunaaan anggaran untuk belanja produk dalam negeri ialah peringkat pertama Dinas Perhubungan DIY, lalu Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan DIY, serta peringkat ketiga Satpol PP,” imbuhnya.***

Editor: Chandra Adi N


Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x