Akselerasi Ekosistem UMKM Digital Dagangan Gandeng Kementerian Perdagangan dan KADIN DIY

- 7 November 2023, 05:35 WIB
Program WiraDana bersama mitra perbankan dan mitra fintech ini akan disalurkan kepada 1,200 pemilik warung tradisional melalui aplikasi Dagangan dengan total pembiayaan senilai Rp12 Miliar.
Program WiraDana bersama mitra perbankan dan mitra fintech ini akan disalurkan kepada 1,200 pemilik warung tradisional melalui aplikasi Dagangan dengan total pembiayaan senilai Rp12 Miliar. /istimewa/

 

PORTAL JOGJA  - Dagangan jalin kerja sama strategis dengan Kementerian Perdagangan, mitra perbankan, dan KADIN DIY dalam mengakselerasi perkembangan ekosistem warung tradisional dengan menggelar kegiatan talkshow Program Akselerasi Ekosistem UMKM Digital di The Manohara Hotel Yogyakarta.

Kegiatan kolaborasi ini bertujuan untuk memperkenalkan akses pembiayaan dari mitra perbankan untuk warung tradisional dalam rangka aktualisasi program Kementerian Perdagangan dan Dagangan.  Program ini diinisiasi dan didukung Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan dalam memberdayakan dan mengupayakan target 1,000 warung tradisional berkembang melalui modernisasi warung dan digitalisasi pemenuhan pasokan barang.

Berdasarkan data Euromonitor pada tahun 2021, dari 3,61 juta ritel yang ada di Indonesia 3,57 juta di antaranya berbentuk toko atau warung tradisional. Selain itu, warung tradisional juga menjadi kekuatan ekonomi rakyat paling riil dan sangat berpotensi memberikan dampak yang signifikan bagi kemajuan ekonomi nasional. Namun, akses pembiayaan menjadi kendala bagi beberapa pemilik warung untuk berkembang, dikarenakan mereka tidak memiliki agunan untuk mengajukan pembiayaan usaha.

Baca Juga: Adrem Manis, Aplikasi untuk Info Status Izin Reklame di Kabupaten Bantul

Peran serta bimbingan dari pemerintah dan pihak-pihak terkait diperlukan untuk memperkuat UMKM melalui \sinergi dan kolaborasi. Oleh karena itu, Dagangan secara berkelanjutan mengembangkan ekosistem rural commerce yang terintegrasi dan bersinergi dengan berbagai mitra termasuk dari sektor pemerintah dan institusi keuangan untuk memberdayakan warung tradisional di Indonesia.

“Kementerian Perdagangan mendorong kolaborasi dan program yang diluncurkan hari ini dalam membangun ekosistem bisnis UMKM melalui empat pilar peningkatan daya saing, diantaranya mewujudkan inovasi UMKM, membuka akses kemitraan, akses digitalisasi, dan akses pembiayaan. Saya mengimbau untuk melanjutkan kolaborasi dan inisiatif bersama Kementerian Perdagangan, pemerintah daerah, mitra perbankan serta distributor online seperti Dagangan untuk mendorong warung tradisional go digital dan naik kelas serta bangkitkan ekonomi melalui perdagangan yang berkelanjutan” jelas Zulkifli Hasan di Yogyakarta Senin 6 November 2023.

VP of Business Development Dagangan Adi Wismaya menambahkan, selain menyediakan pasokan untuk warung secara mudah dan terjangkau, pihaknya menyadari bahwa pemilik warung tradisional memiliki tantangan dan kendala dalam mengajukan pembiayaan untuk modal usaha.

"Untuk itu sebagai fasilitator dalam memperkuat ekosistem UMKM kami menghubungkan mereka dengan mitra keuangan salah satunya mitra perbankan serta memfasilitasi kedua pihak dalam proses penyaluran modal usaha melalui Program WiraDana (Wirausaha Berdana). Nantinya, pengguna aplikasi Dagangan dapat langsung membeli stok kebutuhan warung lewat aplikasi Dagangan, kemudian memilih pembayaran secara tempo dengan memanfaatkan pembiayaan modal usaha mikro dari mitra perbankan,” katanya. 

Baca Juga: Musisi Andi Rianto Gelar Konser Tunggal 'The Sound of Colors II' pada Desember 2023

Halaman:

Editor: Chandra Adi N


Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x