Mentan Syahrul Minta Masyarakat Konsumsi Buah Lokal

- 10 Agustus 2020, 21:23 WIB
Syahrul Yasin Limpo, Menteri Pertanian. /Istimewa.
Syahrul Yasin Limpo, Menteri Pertanian. /Istimewa. /Naswandi/

PORTAL JOGJA - Pemerintah mendorong masyarakat agar semakin bangga konsumsi buah lokal demi mendorong pertumbuhan ekonomi. Buah dan sayuran produk petani Indonesia tidak kalah dibanding produk luar.

Hal itu diungkapkan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo saat peluncuran program Gelar Buah Nusantara (GBN) 2020 di Jakarta, Senin, (10/8/2020).

Dalam sambutannya, Syahrul mengatakan buah dan sayuran produksi petani Indonesia tidak kalah unggul dengan negara lain. Oleh karena itu, ia meminta masyarakat untuk produksi buah lokal karena orang luar saja sangat menginginkan buah Indonesia.

Baca Juga: Positif Covid-19 di Indonesia Naik, 10 Provinsi Alami Penambahan Terbanyak

"Negara lain waktu kami keluar juga mengatakan bahwa mereka rindu buah tropis dan buah tropis yang paling bagus adalah dari Indonesia," kata Syahrul seperti dikutip dari detikfinance.

"Oleh karena itu yang kita gelar hari ini selain sosialisasi bahwa buah kita tidak kalah, buah kita dibutuhkan di luar negeri dan itu terbukti dengan apa yang kita lihat di sekitar kita," kata Syahrul.

Salah satu buktinya lanjut dia, tidak ada komoditi pertanian yang turun. Ia mengklaim hal itu bisa terjadi karena tidak terlepas dari dirinya yang jadi Menteri Pertanian.

"Saya lapor tidak ada komoditi pertanian yang turun alhamdulillah. Mungkin karena menterinya Syahrul Yasin Limpo, anak buahnya Pak Menko (Perekonomian Airlangga Hartarto)," ucapnya.

Baca Juga: Upadate Covid-19 DIY : Ada 14 Kasus, Sleman Jadi yang Terbanyak

Berdasarkan paparannya, nanas memiliki nilai ekspor Rp 1,5 triliun yang pasar utamanya ke Amerika Serikat (AS), Belanda, Spanyol, Jerman dan Jepang. Sedangkan Manggis ekspor ke Hong Kong, China, Malaysia, Saudi Arabia, dan Prancis yang nilainya Rp 1,09 triliun.

Halaman:

Editor: Bagus Kurniawan

Sumber: detikFinance


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x