Lima Negara yang Tumbang Akibat Resesi

- 1 Agustus 2020, 08:23 WIB
ILUSTRASI krisis ekonomi.*
ILUSTRASI krisis ekonomi.* /PIXABAY/

PORTAL JOGJA - Banyak negara-negara di dunia mengalami resesi ekonomi akibat pandemi Covid-19. Pertembuhan ekonomi yang melambat sehingga banyak pula negara yang berada dijurang resesi.

Akibat pandemi ini berdasarkan catatan WHO, sudah ada 13 juta jiwa di seluruh dunia yang terkn virus corona. Lima besar negara yang positif Covid-19 antara lain Amerika Serikat (AS), Brasil, India, Rusia dan Afrika Selatan.

Baca Juga: Awas! Terlalu Banyak Konsumsi Daging Bisa Susah BAB

Amerika Serikat, selain negara dengan jumlah terbanyak warga yang positif terkena virus corona juga negara yang boleh dikatakan masuk ke jurang resesi ekonomi.

Perekonomian AS seperti dikutip dari CNNIndonesia inus 32,9 persen pada kuartal II 2020. Selain itu pada kuartal I 2020 pun tercatat tumbuh minus 5 persen.

Kedua, Jerman. Akibat pandemi ini sektor impor dan ekspor anjlok. Jerman mengumumkan Produk Domestik Bruto (PDB) Jerman minus 10,1 persen. Jerman mengalami kontraksi 2,2 persen pada kuartal I 2020.

Baca Juga: Adik Bungsu Gus Dur, KH Hasyim Wahid Meninggal Dunia

Jerman menyebut krisis saat ini lebih parah dari krisis keuangan 2008-2009. Jerman berhasil menahan angka PHK.

Krtiga, Hong Kong mengalami resesi ekonomi selama empat kuartal berturut-turut sejak 2019. Laju ekonomi Hong Kong minus 2,8 persen karena aksi demo berkepanjangan hingga pandemi ini jatuh minus 3 persen.

Baca Juga: POPULER HARI INI: Video Viral Sapi Kejar Polisi Hingga Pecah Rekor Kasus Positif DIY

Halaman:

Editor: Bagus Kurniawan

Sumber: cnn indonesia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x