Bisnis Palugada, Pilihan Ibu Rumah Tangga

- 6 Juli 2020, 08:47 WIB
Bisnis Reseller
Bisnis Reseller /Bagus Kurniawan/Siti Baruni

PORTAL KOGJA _ Sejak dunia dihajar pandemi COVID-19, tidak sedikit yang terkena imbas. Termasuk para pekerja yang terkena PHK, yang dirumahkan, juga pekerja non formal yang pendapatannya berkurang drastis. Kondisi ini menuntut kejelian untuk mencari peluang usaha.

Salah satu yang banyak dipilih adalah menjadi reseller berbagai produk. Bahkan, usaha yang sering disebut bisnis palugada (apa lu mau gua ada) ini bisa dijalankan tanpa perlu keluar modal yang besar dan dengan tingkat risiko yang kecil.

Ratnawati (35) ibu rumah tangga yang sehari-hari berprofesi sebagai penjahit dan perias ini sudah sekitar 5 bulan menjadi reseller berbagai macam produk. Mulai barang-barang peralatan rumahtangga, hingga olahan makanan dan buah-buahan.

Baca Juga: Ini Keuntungannya Kalau Investasi Emas

Dalam sehari, perempuan yang mengaku hanya memulai usaha dengan modal Rp 1 juta ini mengaku rata-rata menjual 5 hingga 10 item penjualan. Sebagai pemain baru dalam usaha ini, ia meraup untung antara Rp 200-300 ribu per bulan.

“Ya sithik-sithik (sedikit-sedikit) yang penting berkah,” kata ibu dua anak ini.

Ia tak risau kendati keuntungannya berjualan hanya sedikit, lantaran menjadi reseller baginya hanyalah usaha sampingan.

Baca Juga: POPULER HARI INI: Daftar Harga Sepeda Polygon Terbaru Hingga Gempa Blitar Terasa di Jogja

Seperti halnya Ratna, Muharomi juga mengais rezeki dengan cara berjualan online, menjadi reseller berbagai produk. Mulai dari makanan, buah-buahan hingga barang.

“Tapi sepertinya saya kurang hoki kalau jualan barang, Jarang banget lakunya,” kata perempuan yang sering dipanggil Omi ini.

Halaman:

Editor: Bagus Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x