Tantangan Pelaku Startup di Yogyakarta Tingkatkan Kapasitas Usaha

- 18 November 2022, 14:51 WIB
Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY Srie Nurkyatsiwi saat memberikan sambutan dalam kegiatan Demoday Inkubasi Usaha
Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY Srie Nurkyatsiwi saat memberikan sambutan dalam kegiatan Demoday Inkubasi Usaha /Chandra Adi N/@portaljogja.com/

PORTAL JOGJA - Pelaku usaha di Yogyakarta diharapkan tidak hanya sekedar usaha tetapi juga memiliki dampak multiplier effect.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY Srie Nurkyatsiwi dalam acara Demoday Inkubasi Usaha yang digelar oleh Inkubasi Bisnis dan Inovasi Bersama (IBISMA) UII bekerja sama dengan Deputi Bidang Kewirausahaan Kemenkop UKM RI.

Srie Nurkyatsiwi mengatakan yang masih menjadi pekerjaan rumah bersama saat ini berdasarkan data BPS dimana rasio kewirausahaan di DIY berada di posisi kelima.

"Riau nomer satu, DIY nomer lima tapi memang sudah di atas rata-rata nasional," kata Srie saat memberikan sambutan dalam acara Demoday Inkubasi Usaha di Hotel Atrium Yogyakarta Jumat 18 November 2022.

Baca Juga: Mahasiswa UII Yogyakarta Ciptakan Alat Pemantau Protokol Kesehatan Covid-19

Menurut Srie, pihaknya menargetkan DIY bisa menduduki peringkat pertama karena DIY memiliki regulasi yang sudah kuat diantaranya memiliki Perda terkait kewirausahaan, road map terkait kewirausahaan dan Perpres kewirausahaan.

"Ini menjadi PR apakah ini yang salah pemerintahnya, kebijakannya, terus terkait apa sasarannya atau program kegiatannya," kata Srie.

Asisten Deputi Pengembangan Teknologi Informasi dan Inkubasi Usaha Christina Agustin mengatakan yang menjadi target kementerian Koperasi saat ini adalah mengenai data.

"Teman-teman star up ini adalah salah satu ujung tombak yang dapat mendukung pemerintah daerah atau negara Indonesia untuk menuju yang tadi kita tetapkan, jadi teman-teman juga bisa menjadi salah satu pionir untuk mendapatkan data tunggal untuk menuju UMKM onboarding," kata Christina.

Christina berharap acara Demoday Inkubasi Usaha ini dapat menjadi ruang para star up untuk melakukan eksplorasi kepada berbagai pihak terkait.

Halaman:

Editor: Chandra Adi N


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x