Harga Minyak Dunia Jadi Penanda Konflik Rusia dan Ukraina Meningkat Atau Turun?

- 31 Maret 2022, 20:45 WIB
Harga Minyak Dunia Jadi Penanda Konflik Rusia dan Ukraina Meningkat Atau Turun?
Harga Minyak Dunia Jadi Penanda Konflik Rusia dan Ukraina Meningkat Atau Turun? /Ilustrasi/Pixabay

PORTAL JOGJA - Dampak invasi Rusia ke Ukraina adanya sanksi ekonomi dari negara-negara Barat, tetapi tampaknya sanksi tersebut tidak membuat Rusia tidak menurunkan aktivitas militernya.

Namun, mulai terlihat peningkatan dari serangan bom yang dilancarkan ke arah wilayah Ukraina. Penyebabnya meningkatnya konflik bisa jadi harga minyak yang alami penurunanan.

Dilansir portaljogja.com dari laman Al Jazeera.com perkembangan dengan perang di Ukraina dan sanksi berikutnya terhadap Rusia telah menyebabkan rollercoaster harga liar di pasar minyak.

Menariknya, minyak mentah sebagian besar diperdagangkan di atas 100 dolar AS per barel sejak Moskow menginvasi Ukraina karena kekhawatiran bahwa pasokan dari salah satu produsen terbesar dunia akan terganggu.

Baca Juga: Amerika Serikat Dikritik Tak Punya Strategi Perubahan Rezim di Rusia Saat Invasi Ukraina

Kondisi ini menjadi pertanda konflik di Ukraina mulai peningkatan. Itulah mengapa harga minyak dunia sebagai kunci politik di Ukraina.

Indikasi ini juga terlihat pad futures di New York turun lebih dari 7 dolar AS, turun sebentar di bawah 100 dolar AS per barel sebelum memasangkan beberapa kerugian dalam urutan terbaru dari ayunan besar di pasar minyak. Moskow mengatakan akan memotong tajam operasi militer di dekat ibu kota Ukraina, Kyiv, meskipun pasukan telah terhenti di sana selama berminggu-minggu.

Kepala perunding Rusia mengatakan ada kesediaan untuk mempertimbangkan pertemuan presiden antara Putin dan Zelenskiy. Kyiv telah lama mencari pembicaraan langsung, sementara Moskow menolak untuk berkomitmen pada partisipasi Putin.

“Pedagang dan investor fundamental telah mengambil chip mereka dari meja dalam minyak mentah karena volatilitas yang sangat tinggi, meninggalkan pemain utama di pasar menjadi pedagang yang mencari lindung nilai risiko geopolitik,” kata Rebecca Babin, pedagang energi senior di CIBC Private Wealth Management.

Baca Juga: 3 Ramalan Zodiak Cancer, Leo dan Virgo 1 April 2022: Horoskop Cinta Perlu Adopsi Pendekatan Seimbang

Halaman:

Editor: Bagus Kurniawan

Sumber: Blomberg


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x