Sentimen Pasar Positif, 3 Juta Investor Saham Terlampaui CMSE 2021, Didominasi Anak Muda

- 17 Oktober 2021, 11:18 WIB
Sentimen Pasar Positif, 3 Juta Investor Saham Terlampaui pada Penyelenggaraan CMSE 2021
Sentimen Pasar Positif, 3 Juta Investor Saham Terlampaui pada Penyelenggaraan CMSE 2021 /Bagus Kurniawan/Portaljogja

PORTAL JOGJA - Selama gelaran Capital Market Summit & Expo (CMSE) 2021, Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat sebanyak 1,286 pembukaan rekening baru dan nilai transaksi hingga Rp 238 miliar.

BEI juga mencatat jumlah investor saham di Indonesia sudah melampaui angka 3.000.000 atau tepatnya 3.008.318 single investor identification (SID).

Hal tersebut, merupakan pencapaian menggembirakan dari pasar modal Indonesia di tengah peringatan 44 Tahun diaktifkannya kembali Pasar Modal Indonesia serta dalam mendukung upaya pemulihan ekonomi nasional.

Direktur Pengembangan PT Bursa Efek Indonesia (BEI) Hasan Fawzi mengatakan tercapainya rekor baru jumlah investor saham di BEI maupun rekor lain, seperti penciptaan lebih dari satu juta investor saham baru di sepanjang tahun ini yang terjadi pada 31 Agustus 2021 lalu, tidak lepas dari dukungan serta dominasi generasi muda.

Baca Juga: CMSE 2021 Tingkatkan Jumlah Investor Pasar Modal di Indonesia

Dominasi tersebut diharapkan dapat semakin memperkuat peran dari investor lokal yang berasal dari seluruh penjuru Indonesia sehingga dapat menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

Saat ini jumlah investor pasar modal Indonesia baik saham, obligasi, maupun reksa dana, per 14 Oktober 2021 telah mencapai 6.597.100 SID. Pertumbuhan dan aktivitas investor pasar modal ini memberikan kontribusi yang signifikan bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia.

“Dengan edukasi dan pengetahuan yang baik tentang pasar modal, akan membantu para calon investor, khususnya generasi muda dalam menentukan strategi investasi untuk masa depan yang lebih baik,” kata Hasan.

Menurutnya antusiasme peserta terhadap acara terlihat dari total peserta (booth visitor dan summit viewers) yang tercatat sebanyak 101.443 peserta, didominasi oleh generasi milenial serta Gen Z dan berasal dari dalam dan luar negeri.

Baca Juga: Ramalan Zodiak Mingguan Capricorn, Aquarius dan Pisces 17-23 Oktober 2021, Simak Tuntas

Halaman:

Editor: Bagus Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah