CMSE 2021 Tingkatkan Jumlah Investor Pasar Modal di Indonesia

- 14 Oktober 2021, 20:04 WIB
CMSE 2021 Tingkatkan Jumlah Investor Pasar Modal Guna Mendorong Pemulihan Ekonomi Nasional
CMSE 2021 Tingkatkan Jumlah Investor Pasar Modal Guna Mendorong Pemulihan Ekonomi Nasional /Bagus Kurniawan/Portaljogja.com

PORTAL JOGJA - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bekerja sama dengan Self-Regulatory Organization (SRO) yang terdiri dari PT Bursa Efek Indonesia (BEI), PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI), dan PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) kembali menggelar Capital Market Summit & Expo (CMSE) 2021 secara virtual selama tiga hari berturut, yakni pada 14-16 Oktober 2021.

Direktur Utama BEI, Inarno Djajadi menyampaikan, CMSE 2021 diselenggarakan sebagai rangkaian acara peringatan 44 Tahun Diaktifkannya Kembali Pasar Modal Indonesia. Penyelenggaraan CMSE 2021 merupakan kegiatan yang bertujuan sebagai ajang pertemuan stakeholders pasar modal Indonesia dan masyarakat untuk dapat berbagi informasi terbaru serta teraktual.

Menurutnya literasi serta edukasi pasar modal terus digencarkan oleh Self-Regulatory Organization (SRO) sebagai upaya untuk meningkatkan jumlah investor pasar modal di Indonesia untuk mendorong pemulihan ekonomi nasional.

Baca Juga: BEI Beri Stimulus bagi Perusahaan Tercatat dan Calon Perusahaan Tercatat

“CMSE 2021 diharapkan dapat mendukung pencapaian target penambahan jumlah investor, perusahaan tercatat baru, meningkatkan penggalangan dana di pasar modal,” kata Inarno secara virtual di CMSE 2021

Inarno mengatakan jumlah investor saham atau single investor identification (SID) baru terus mengalami peningkatan dalam 8 bulan terakhir di tahun 2021 dan telah mencapai rekor baru, yaitu sebanyak 1 juta investor saham baru. Tahun 2021 menjadi tahun yang penuh harapan pemulihan ekonomi nasional.

"Ini tercermin dari tingginya aktivitas perdagangan di BEI dalam 3 bulan terakhir.” ungkap Inarno.

Berdasarkan data KSEI per 30 September 2021, jumlah investor pasar modal Indonesia telah mencapai lebih dari 6.287.350 SID, termasuk di dalamnya adalah 2,9 juta SID saham. Saat ini telah terdapat 750 perusahaan tercatat di BEI dengan penambahan baru sebanyak 38 perusahaan.

Baca Juga: Ramalan Zodiak 15 Oktober 2021: Libra Awas Musuh Dalam Selimut, Scorpio Sensitif

Tercatat tingginya aktivitas transaksi bursa dan merupakan rekor baru sejak swastanisasi bursa efek pada tahun 1992, di antaranya adalah rata-rata nilai transaksi harian yang mencapai lebih dari Rp13 triliun per hari, atau melonjak 2 kali lipat dalam 5 tahun terakhir. Frekuensi transaksi juga meningkat menjadi rata-rata 1,2 juta transaksi per hari dan merupakan yang tertinggi di ASEAN dalam 3 tahun terakhir.

Halaman:

Editor: Bagus Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x