Nyaris Kalahkan Prancis, Lebanon Tumbang di Laga Akhir Grup H FIBA World Cup

- 29 Agustus 2023, 21:34 WIB
Laga Prancis vs Lebanon di FIBA World Cup 2023
Laga Prancis vs Lebanon di FIBA World Cup 2023 /FIBA

PORTAL JOGJA - Lebanon nyaris memberikan kejutan pada laga terakhir mereka pada babak pertama grup FIBA World Cup 2023 setelah sempat saling kejar angka kala melawan Prancis. Namun Lebanon akhirnya takluk 79-85 dari runner-up Olimpiade Jepang tersebut di Indonesia Arena, Kompleks Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Selasa (29/8/2023) petang.

Hasil ini menempatkan Lebanon di urutan juru kunci Grup H tanpa kemenangan dari tiga laga. Namun Lebanon masih akan menjalani laga klasifikasi atau penentuan peringkat di Grup P bersama Prancis, Iran, dan satu tim lagi dari Grup G.

Lebanon yang berstatus runner-up FIBA Asia Cup 2022 lalu menunjukkan perlawanan yang mengagumkan kontra Prancis yang tidak memainkan tiga bigman mereka Moustapha Fall, Mathias Lessort, dan Rudy Gobert dengan alasan cedera. Pelatih Vincent Coullet menurunkan lima pemain pertama Prancis, yakni Nando De Colo, Evan Fournier, Yakuba Ouattara, Terry Tarpey, dan Guerschon Yabusele.

Baca Juga: Pemkab Sleman Selesaikan 500 Sertifikat Tanah Kalurahan, Dukung Pemanfaatan Sesuai Peruntukan

Sedangkan Lebanon turun dengan kekuatan terbaik yang dimilikinya Wael Arakji, Sergio El Darwich, Ali Haidar, Omari Rasulala Spellman dan Karim Zeoinoun.

Lebanon membuat start cemerlang dan sempat memimpin 14-9. Point guard Wael Arakji menunjukkan aksi cemerlangnya dengan torehan 10 poin untuk menutup kuarter pertama dengan keunggulan tipis 20-19.

Pertengahan kuarter kedua Lebanon unggul dua digit 35-25. Namun Prancis membalikan keadaan di akhir kuarter 38-37. Yabusale menjadi motor serangan Prancis dengan mencetak 16 poin, tapi Arakji masih unggul dengan 21 poin.

Perolehan poin kedua tim tetap ketat di kuarter tiga. Lebanon berbalik unggul tipis 59-58. Prancis yang tak ingin kehilangan muka bermain sedikit lebih agresif terutama dalam defense. Mereka memaksa Lebanon melakukan kesalahan untuk menghukumnya dengan transisi cepat. Cara lain, rotasi bola yang diakhiri tripoin membuat Lebanon terus tertinggal.

Akan tetapi, Lebanon tak mau menyerah hingga benar-benar tak punya peluang. Tim asuhan Jad El Hajj berhasil menipiskan jarak hanya menjadi tiga angka 79-82 lewat dua tembakan bebas Arakji saat pertandingan tinggal tersisa satu menit. Malang bagi Lebanon, mereka gagal mengamankan rebound saat serangan Prancis gagal berbuah poin. Tembakan Batoum pada 0:32 membuat skor menjadi 85-79. Hayk Gyokchyan mencoba tembakan tiga poin tapi meleset. Sayang, Zeinoun salah mengoper sehingga bola berada di tangan Prancis dengan 12 detik tersisa. Prancis akhirnya mengamankan kemenangan 85-79.

Yabusele keluar sebagai pemain terbaik dengan torehan 19 poin. Fournier mencetak 17 angka, Elie Kobo 12 poin, dan Batum 12 angka. Adapun Isaia Cordinier menyumbang 10 poin

Halaman:

Editor: Chandra Adi N


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x