Kalahkan Brasil, Spanyol Melaju ke Babak Kedua FIBA World Cup 2023 Susul Kanada dan Latvia

- 29 Agustus 2023, 07:00 WIB
 Spanyol Melaju ke Babak Kedua Group L FIBA World Cup 2023 Menyusul Kanada dan Latvia
Spanyol Melaju ke Babak Kedua Group L FIBA World Cup 2023 Menyusul Kanada dan Latvia /Foto: istimewa/FIBA/

PORTAL JOGJA - Spanyol mengamankan tiket berlaga di Grup L usai memetik kemenangan kedua di Grup G dengan mengalahkan Brasil 96-78 di Indonesia Arena, Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Senin (28/8/2023). Tim asuhan Sergio Scariolo ini menyusul jejak Kanada dan Latvia memastikan satu tempat ke babak kedua grup FIBA World Cup 2023.  

Dengan hasil ini, Spanyol dipastikan juara grup dengan dua kemenangan setelah sebelumnya menaklukkan Pantai Gading 94-64. Spanyol menyisakan satu laga melawan tim terlemah Iran. Karena seluruh hasil pertandingan akan dihitung ketika tergabung di Grup L, dapat dipastikan Spanyol akan tetap berusaha keras untuk menaklukkan Iran pada Rabu (30/8/2023).

Di sisi lain, Brasil akan melakoni laga hidup mati melawan Pantai Gading. Pemenang laga ini akan mendampingi Spanyol bergabung dengan Latvia dan Kanada di Grup L.

Baca Juga: Lima Kelurahan di Sleman Raih Penghargaan DBKS Tahun 2023, Juara 1 Sariharjo

Dalam pertandinganm ini Spanyol menurunkan starting five Victor Claver, Willy Hernangomez, Juancho Hernangomez, Sergio Llull dan Juan Nunez. Sedangkan Brasil memainkan Bruno Caboclo, Georginho De Paula, Leonardo Meindl, Yago Santos, dan Tim Soares.

Kuarter pertama berlangsung ketat, kedua tim bergantian memimpin. Bahkan beberapa kali terjadi angka imbang, Brasil unggul tipis 22-21. Spanyol mulai bangkit dan menjauh perolehan skor di kuarter dua. Tripoin menjadi pembeda kedua tim. Hingga halftime, sang juara bertahan berbalik unggul 50-42.

Kuarter ketiga Brasil mampu mencetak angka lebih banyak yakni 17 poin, dan hanya kemasukan 14 poin sehingga mampu memangkas jarak 59-64. Namun memasuki kuarter penentuan, Spanyol menunjukan kelasnya sebagai juara FIBA World Cup 2019. Mereka membukukan 32 poin dan hanya kemasukan 19 poin untuk mengunci kemenangan dengan skor 96-78.

Empat pemain Spanyol mencetak dua digit poin yakni Santi Aldama dengan torehan 15 poin, Willy Hernangomez 14 angka, dan Juan Nunez dengan 13 poin sekaligus keluar sebagai pemain terbaik dalam gim ini. Alberto Diaz menyumbang 11 poin, termasuk tiga kali tripoin dari tiga kesempatan alias 100 persen. Di kubu Brasil hanya Yago Santos yang mencetak dua digit poin yakni 14 poin.

"Pertandingan sulit bagi kami. Kami membuat 16 turn over, itu terlalu banyak melawan Spanyol," kata Yago.

Pelatih Brasil Gustavo Conti juga menyatakan hal sama. Timnya membuat terlalu banyak turn over. Spanyol juga dinilainya membuat sejumlah poin dengan mudah sepanjang laga. Absennya Raul Neto di sisi lain juga memengaruhi timnya.

Halaman:

Editor: Chandra Adi N


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x