Pelatih Spanyol Tak Ingin Timnya Terbebani Sebagai Juara Bertahan FIBA World Cup

- 25 Agustus 2023, 06:05 WIB
Timnas Spanyol di FIBA World Cup 2023
Timnas Spanyol di FIBA World Cup 2023 /Twitter/@FIBAWC

PORTAL JOGJA - Tim basket Spanyol tak ingin status juara bertahan membebani mereka. Pelatih Spanyol Sergio Scariolo menegaskan, label sebagai juara bertahan dalam sebuah turnamen atau kompetisi baru tidaklah pas.

"Saya tidak suka definisi juara bertahan. Kami tidak mempertahankan apa pun. Setiap tim memulai dengan kompetisi yang baru dan segar. Semua dimulai dari nol. Kami bangga dapat melebihi ekpektasi dari hasil kompetisi lalu di mana tidak ada yang memperkirakan kami juara," kata Scariolo dalam konferensi pers di Indonesia Arena, Kompleks Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (24/8/2023) siang.

Pada FIBA World Cup 2019, Spanyol mengalahkan Polandia, Australia, dan terakhir Argentina pada partai puncak. Kemudian pada 2022, Spanyol hanya menempati peringkat keenam Olimpiade Jepang. Namun Scariolo membawa timnya menjuarai FIBA America 2022.

Baca Juga: Festival UMKM Sembada 2023 Diharapkan Bisa Jangkau Pemasaran Lebih Luas

"Sebuah kehormatan bisa berlaga di Piala Dunia di mana tim-tim bagus bahkan tidak dapat berpartisipasi, tidak bisa lolos. Jelas kami benar-benar meraih prestasi yang di luar perkiraan dalam turnamen terakhir. Itu melebihi ekspektasi yang mungkin terjadi di final yang pasti tidak bisa dilakukan setiap saat," jelas Scariolo.

Ia menilai timnya kompetitif, kompak, baik hati, tidak serakah ataupun egois dalam bermain basket. SPanyol disebutnya punya tim spirit tinggi. Sehingga, baginya tak masalah andai timnya kalah. Yang jelas, ia berusaha menghadirkan tim terbaik dengan sejumlah pemain dari generasi baru untuk bersaing.

Scariolo menargetkan timnya lolos ke perempat final terlebih dahulu. Setelah itu, ia baru melihat peluang timnya dan berusaha memaksimalkannya.

Kapten Spanyol Rudy Fernandez menyatakan, FIBA World Cup 2023 kemungkinan besar akan jadi Piala Dunia terakhirnya. "Saya menikmati bermain bola basket dengan tim ini. Saya pikir ini spesial berada di sini, di Jakarta untuk pertama kali. Saya siap untuk Piala Dunia," tegasnya.

Baca Juga: Vespa Elettrica Motor Listrik Andal Segala Kondisi, Pecinta Vespa Bisa Test Drive di Kota Ini

Ia mengatakan persiapan Spanyol cukup baik sebelum turnamen. Spanyol menjalani lima laga uji coba, dengan menelan dua kekalahan dari Amerika Serikat dan Kanada, serta menang melawan Venezuela, Slovenia dan Republik Dominika. Semua game pemanasan tersebut digelar di Spanyol.

Halaman:

Editor: Chandra Adi N


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x