Tim Bola Basket Putra Indonesia Ukir Sejarah Raih Medali Emas Sea Games Usai Tumbangkan Filipina

- 23 Mei 2022, 07:00 WIB
Timnas bola basket Indonesia berhasil merebut medali emas dalam laga SEA Games 2022 setelah menumbangkan Filipina
Timnas bola basket Indonesia berhasil merebut medali emas dalam laga SEA Games 2022 setelah menumbangkan Filipina /Instagram/ @kemenpora/Kemenpora

PORTAL JOGJA - Tim basket putra Indonesia berhasil mengakhiri dominasi Filipina usai merebut medali emas SEA Games Vietnam 2021 setelah meraih enam kemenangan dari total tujuh peserta dalam sistem round robin.

Dalam laga penentuan, tim Indonesia berhadapan dengan Filipina yang sama-sama berbekal lima kemenangan di Thanh Try Gymnasium, Hanoi, Minggu 22 Mei 2022 yang berhasil dimenangkan dengan skor 85-81.

Filipina yang memiliki tradisi kuat dalam cabang basket Sea Games telah menjadi juara sejak tahun 1977 dan hingga penyelenggara 2019 hanya sempat melepas gelar kepada Malaysia pada 1979 dan 1989.

Baca Juga: Tim Indonesia Penuhi Target, Tempati Posisi 3 di SEA Games 2021 Vietnam

Namun tim Filipina akhirnya harus mengakui keunggulan Indonesia yang berhasil tampil sebagai juara baru bola basket di kawasan Asia Tenggara.

 

Kini, tim yang diperkuat oleh tiga orang pemain naturalisasi, Diagne Dame, Terrell Bolden Marques, Jawato Brandon ini tampil perkasa dengan selalu unggul dalam setiap babak (10 menit).

Indonesia sebenarnya sudah memastikan medali perak SEA Games 2021 setelah meraih lima kemenangan dalam lima pertandingan yang sudah dimainkan.

Andakara Prastawa dkk. saat ini menempati posisi kedua, tetapi tertinggal jauh dalam akumulasi skor dibandingkan Filipina, yang berada di puncak, meski kedua tim sama-sama mengoleksi 10 poin.

Secara keseluruhan, tim bola basket putra Indonesia diperkuat 12 orang pemain yakni Juan Laurent, Michael Xzavierro Derrick, Lakudu Hardianus, Jawato Brandon, Darmar Grahita Abraham (C), Prastawa Dhyaksa Andakara, Saputera Yudha, Rivaldi Rosasih Vincent, Terrel Bolden Marques, Yeshe Goantara Agassi, Diagne Dame, Dikania Wisnu Arki

Halaman:

Editor: Chandra Adi N

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x