Malam ini Pembukaan SEA Games Vietnam 2021, 30 Atlet Indonesia Ikuti Defile

- 12 Mei 2022, 18:03 WIB
Opening Ceremony SEA Games 2021 berlangsung Kamis 12 Mei 2021 malam.
Opening Ceremony SEA Games 2021 berlangsung Kamis 12 Mei 2021 malam. /Tangkapan layar Instagram/@seagames.id

PORTAL JOGJA – Meski beberapa cabang olah raga telah mulai ditandingkan sejak  6 Mei 2022, namun pembukaan SEA Games Vietnam 2021 baru akan dilakukan Kamis 12 Mei 2022 malam di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Vietnam.

Dilansir dari Antara, Chief de Mission (CdM) Tim Indonesia Ferry Kono mengatakan, sebanyak 30 atlet Indonesia akan tampil dalam defile pembukaan SEA Games 2021. Ferry selaku CdM akan memimpin kontingen Indonesia, sedang pembawa bendera oleh atlet lari gawang Emilia Nova.

Menurut Ferry, dalam defile tersebut, kontingen Indonesia hanya akan mengenakan busana kasual dengan dominasi warna merah dan putih untuk menggambarkan bahwa Tim Indonesia didukung 60 persen atlet muda.

Baca Juga: Shireen Abu Akleh Jurnalis Al Jazeera Tewas Ditembak Tentara Israel, Ini Pesan Terakhirnya

“Masing-masing atlet akan menggunakan identitas dari kekayaan budaya Indonesia di 34 provinsi melalui topinya,” kata Ferry Kono. Topi yang dimaksud adalah penutup kepala dari sejumlah daerah yang biasa menjadi pelengkap busana tradisional Tanah Air.

Lebh jauh Ferry mengatakan, penggunaan busana kasual juga diharapkan memberikan kesan positif berupa kesederhanaan Indonesia dalam bersosialisasi dengan warga dunia di Asia Tenggara.

Sebagian besar atlet yang mengikuti defile tersebut adalah atlet yang akan bertanding pada 14 Mei 2022, serta sebagian lagi adalah atlet yang telah usai menjalani pertandingan. 

Baca Juga: Wagub DKI Katakan, Kasus Dugaan Hepatitis Akut di Jakata Masih dalam Pemeriksaan

Pelaksanaan SEA Games Vietnam ini sempat tertunda setahun dari jadwal semula pada 2021. Hal itu tentu saja akibat pandemi Covid-19. Bagi Komite Olimpiade Indonesia (KOI), ajang SEA Games Vietnam, menjadi tantangan tersendiri karena dilaksanakan untuk kali pertama setelah pandemi Covid-19.

Meski kasus Covid-19 telah menurun, namun penerapan protokol kesehatan masih menjadi tantangan bagi setiap negara peserta.***

Editor: Siti Baruni

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x