6 Manfaat Bermain Catur Yang Jarang Diketahui, Salah Satunya Meningkatkan Daya Ingat

- 22 Maret 2021, 14:34 WIB
Permainan catur memiliki beragam manfaat.
Permainan catur memiliki beragam manfaat. /- Foto : Pixabay/

PORTAL JOGJA - Beberapa minggu ini netizen Indonesia telah dihebohkan oleh beberapa pemberitaan tentang permainan catur. Hal tersebut bermula dari seorang laki-laki bernama Dadang Subur yang menggunakan nama akun Dewa Kipas bermain melawan Youtuber yang menggunakan nama GothamChess.

Dewa Kipas alias Dadang Subur dianggap telah bermain curang. Terlepas dari itu semua, sejak kasus tersebut viral, permainan atau olahraga catur kembali jadi terkenal. Hal ini terntu menggembirakan, karena catur sendiri ternyata memiliki banyak manfaat.

Salah satunya meningkatkan daya ingat. Dikutip Portal Jogja dari laman Healthline, berikut ini beberapa manfaat memainkan permainan catur.

1. Catur meningkatkan daya ingat

Para jago atur memiliki keterampilan memori yang kuat karena permainan ini melibatkan memori dan hafalan berbagai kombinasi gerakan dan strategi. Perlu dicatat bahwa pecatur berpengalaman menunjukkan kinerja yang lebih tinggi terkait dengan ingatan memori auditori.

Baca Juga: Diskon Hingga 90% PLUS Voucher, Belanjaan Kamu Jadi Lebih Murah Lagi di Shopee Murah Lebay!

Baca Juga: 5 Mitos Umum Tentang Kopi, Benarkah Kopi Menyebabkan Kanker

Ini adalah kemampuan untuk mengingat apa yang telah Anda pelajari melalui pendengaran. Pemain catur juga memiliki kemampuan yang lebih baik untuk mengingat dan mengenali pola visual dengan cepat.

2. Catur meningkatkan kecerdasan

Orang dengan banyak pengalaman bermain catur memiliki kemampuan berpikir yang sangat baik seperti kecerdasan fluida. Pemain catur yang jago, biasanya memiliki kemampuan untuk mempertimbangkan jenis masalah baru dan menggunakan penalaran untuk menyelesaikannya.

Halaman:

Editor: Siti Baruni

Sumber: Healthline


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x