Profil Tim-Tim 16 Besar Liga Champions, Siapa Penguasa Eropa Berikutnya?

- 11 Desember 2020, 06:06 WIB
Daftar tim yang lolos 16 besar Liga Champions.
Daftar tim yang lolos 16 besar Liga Champions. /UEFA/

PORTAL JOGJA – Liga Champions akan memasuki babak 16 besar. Sejumlah kejutan terjadi selama babak penyisihan grup dengan tumbangnya beberapa tim elit Eropa seperti Manchester United, dan Ajax Amsterdam yang harus turun kasta ke Liga Eropa.

Salah satu wakil Italia Inter Milan yang pernah 3 kali juara liga Champions ini pun tidak bisa tampil maksimal dan harus tersingkir lebih awal

UEFA akan melakukan pengundian babak 16 besar pada Senin pekan depan di markas mereka di Nyon, Swiss.

Juara bertahan Bayern Muenchen yang lolos sebagai juara Grup A berada pada pot unggulan bersama tujuh tim juara grup lainnya.

Baca Juga: Ulang Tahun, Shopee Undang Stray Kids dan GOT7 Tampil Di TV Show Shopee 12.12 Birthday Sale Besok

Liga Champions, Manchester City, Liverpool, Bayern dan Munchengladbach Pesta Gol
Berikut adalah  tim-tim peserta babak 16 besar Liga Champions yang menjadi juara grup.

1. Bayern Muenchen

Lolos sebagai juara Grup A, Bayern merupakan juara bertahan Liga Champions musim sebelumnya. Bayern melanjutkan tren selalu lolos fase grup untuk 13 musim beruntun di mana di dalamnya empat kali mencapai final dan dua kali juara, melengkapi enam trofi elite Eropa.

Hansi Flick sukses menemukan kembali karakter juara di dalam diri Bayern sejak menggantikan Niko Kovac dan dianggap sebagai calon pelatih masa depan timnas Jerman menggantikan Joachim Loew yang sempat diasisteninya ketika menjuarai Piala Dunia 2014.

Bayern sempat dikejutkan dengan kekalahan dari Hoffenheim awal musim ini tetapi tampak siap melanjutkan performa gemilang meraih tiga gelar musim lalu.

Predikasi lawan: Porto, Atalanta, Sevilla, Lazio dan Barcelona.

2. Borussia Dortmund

Lolos sejak memenangi laga pekan kelima dan mengunci status juara Grup F dengan mengalahkan Zenit St. Petersburg dalam laga pemungkas.

Untuk tiga musim beruntun lolos ke fase grup, tetapi tim tradisional Jerman itu belum kunjung menambah koleksi satu-satunya trofi Liga Champions yang diraih pada 1997.

Lucien Favre dua musim berturut-turut gagal membawa Dortmund melangkah lebih jauh dari babak 16 besar, tetapi Die Borussen kini mempunyai senjata baru dalam diri Erling Braut Halland yang memenangi penghargaan Golden Boy 2020.

Prediksi lawan: Atletico Madrid, Porto, Atalanta, Sevilla dan Barcelona.
Baca Juga: Rennes vs Chelsea, Gol Giroud di Menit Akhir Bawa The Blues Lolos ke Babak 16 Besar Liga Champions

3. Chelsea

Lolos sejak memenangkan laga pekan keempat dan mengunci status juara Grup E setelah mengalahkan Sevilla.

Dua musim beruntun lolos dari fase grup, Frank Lampard berambisi menjadi individu kedelapan yang menjuarai Liga Champions sebagai pemain dan pelatih setelah mengkapteni skuad Chelsea yang juara pada 2012.

Ambisi itu didukung penuh belanja besar Roman Abramovich sejak hukuman sanksi transfer dicabut dengan mendatangkan sederet nama bintang seperti Timo Werner, Kai Havertz, Hakim Ziyech dan Thiago Silva, berpadu dengan keberadaan Christian Pulisic serta produk-produk akademi bermutu seperti Tammy Abraham, Mason Mount dan Reece James.

Prediksi lawan: Atletico Madrid, Borussia Moenchengladbach, Porto, Atalanta, Lazio, Barcelona dan RB Leipzig.

4. Juventus

Lolos sejak memenangkan laga pekan keempat dan mengkudeta posisi puncak klasemen akhir Grup G dengan mengalahkan Barcelona dalam laga pemungkas.

Tujuh musim beruntun lolos fase grup dan dua kali mencapai final, tetapi tak kunjung mampu menambah koleksi dua trofi Kuping Besar yang terakhir mereka raih pada 1996.

Maestro lapangan tengah Andrea Pirlo "dipaksa" naik kelas langsung sebagai manajer Juventus menyusul pemecatan Maurizio Sarri musim panas lalu dan periodenya bersama Si Nyonya Tua sejauh ini belum konsisten.

Kemenangan telak 3-0 atas Barcelona di Camp Nou dalam laga pemungkas Grup G menyemai optimisme ditambah top skor sepanjang masa Liga Champions Cristiano Ronaldo tertantang untuk membuktikan kariernya belum habis.

Calon lawan: Atletico Madrid, Borussia Moenchengladbach, Porto, Sevilla dan RB Leipzig.
Baca Juga: Bintang Liverpool Mohamed Salah Positif Covid-19, Salah Absen Membela Timnas Mesir dan Liverpool

5. Liverpool

Lolos sebagai juara Grup D sejak memenangkan laga pekan kelima. Empat musim terakhir selalu lolos fase grup, dua kali mencapai final dan jadi juara pada 2019 untuk menambah koleksi trofi Si Kuping Besar mereka jadi enam buah.

Juergen Klopp terus melanjutkan transformasi Liverpool, tetapi peluang mereka musim ini dianggap terkikis sejak andalan lini belakang mereka, Virgil van Dijk, mengalami cedera lutut dan bek asal Belanda itu bukan satu-satunya korban dari badai cedera skuad The Reds yang tampaknya baru mereda awal tahun nanti ketika kepadatan jadwal pertandingan sedikit melonggar.

Rekrutan anyar Thiago Alcanatara belum banyak berkontribusi karena cedera, tetapi Diogo Jota menjelma menjadi pembelian cermat yang mungkin bisa membantu Liverpool melangkah lebih jauh di Eropa.

Prediksi lawan: Atletico Madrid, Borussia Moenchengladbach, Porto, Sevilla, Lazio, Barcelona dan RB Leipzig.

6. Manchester City

Lolos sejak pekan keempat dan merengkuh status juara Grup C.
Untuk delapan musim beruntun lolos dari fase grup dan pencapaian terjauh hanya semifinal pada 2016, tetapi sejak kedatangan Pep Guardiola membuat City menemui tembok baru Liga Champions pada babak perempat final.

Musim ini, Guardiola mengalami awalan terburuk terutama di Liga Premier termasuk dengan rasio konversi peluang yang terjun bebas, kendati hal itu tidak begitu tampak dalam Liga Champions di mana mereka lagi-lagi berada dalam grup tergolong mudah.

Prediksi lawan: Atletico Madrid, Borussia Moenchengladbach, Atalanta, Sevilla, Lazio, Barcelona dan RB Leipzig.
Baca Juga: PSG vs Istanbul Basaksehir : Neymar Cetak Hattrick saat PSG Bantai Basaksehir 5-1

Halaman:

Editor: Chandra Adi N

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah