Pj Walikota Yogyakarta Minta Pelaku Perdagangan Maknai Sumbu Filosofi dalam Produknya

- 28 Oktober 2023, 02:33 WIB
Pejabat (Pj) Walikota Yogyakarta Singgih Raharjo mengguntung pita sebagai tanda peresmian Bakpia Kukus Tugu Jogja Istimewa pada Jumat 27 Oktober 2023
Pejabat (Pj) Walikota Yogyakarta Singgih Raharjo mengguntung pita sebagai tanda peresmian Bakpia Kukus Tugu Jogja Istimewa pada Jumat 27 Oktober 2023 /Istimewa / Panji Arkananta/

PORTAL JOGJA - Pejabat (Pj) Walikota Yogyakarta Singgih Raharjo meminta pelaku perdagangan memaknai filosofi yang terkandung dalam Sumbu Filosofi, kemudian mengimplementasikan dalam produknya. Hal ini dikemukankannya saat memberi sambutan pada acara Grand Opening 'Bakpia Kukus Tugu Jogja Istimewa' yang berlokasi di Jalan Gondomanan, Yogyakarta pada Jumat 27 Oktober 2023.

"Saya harapkan nanti filosofi-filosofi yang ada di sumbu filosofi juga bisa diimplementasikan di sini," ucapnya.

Singgih kemudian menyatakan sedikit idenya tentang penggambaran makna sumbu filosofi dalam outlet Bakpia Kukus Tugu Jogja Istimewa ini. Misalnya dress code petugas penjaga outlet bisa bernuansakan bregada (prajurit Keraton), sedangkan kasir dan petugas lainnya dapat mengenakan blankon untu lelaki dan baju lurik untuk perempuan. Ide lainnya adalah penggunaan greeting seperti sugeng rawuh, sugeng enjang, dan sebagainya.

Singgih juga menyatakan pembukaan outlet store ini diharapkan dapat melengkapi keperluan wisatawan dan menjadi bagian untuk menyemarakkan sektor pariwisata Yogyakarta. Terlebih lokasi outlet 'Bakpia Kukus Tugu Jogja Istimewa' ini berada di area yang premium yang merupakan tempat deliniasi sumbu filosofi itu sehingga pasti akan banyak dikunjungi.

Baca Juga: Serial Web “Pusaka” Ceritakan Keindahan Alam dan Warisan Sejarah Indonesia

"Jadi ini merupakan momentum yang sangat bagus bagi kita manakala kita dinobatkan menjadi World Heritage untuk Sumbu Filosofi, store ini dibuka. Saya kira akan tambah melengkapi keperluan wisatawan domestik maupun mancanegara," kata sosok berkacamata ini.

Untuk mendukung pariwisata Yogyakarta tersebut, PT Agrinesia Raya melalui Bakpia Kukus Tugu Jogja Istimewa menawarkan konsep "Satu Tempat Banyak Rasa". Pengunjung dapat melakukan One Stop Shopping dengan menemukan oleh-oleh Yogyakarta dalam satu area toko, di antaranya Dagadu, Jogja Pasaraya, dan My Gelato. Terdapat pula berbagai produk UMKM di area toko ini.

“Dengan hadirnya Bakpia Kukus Tugu Jogja Istimewa ini, kami berharap dapat terus meningkatkan perekonomian daerah khususnya di wilayah Yogyakarta dan Jawa Tengah," kata Rizka Wahyu Romadhona selaku Founder dan Owner Bakpia Kukus Tugu Jogja dalam acara konferensi pers.

Wakil Ketua Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Yogyakarta mengapresiasi langkah tersebut.KADIN juga berharap Bakpia Kukus Tugu Jogja dapat ikut mendorong pengusaha-pengusaha kecil di Yogyakarta untuk bersama-sama mendongkrak perekonomian daerah Yogyakarta.

Halaman:

Editor: Siti Baruni


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x