Pahami Konsep Digital Marketing sebagai Keberhasilan UMKM Go Digital

- 1 Juli 2023, 19:19 WIB
Webinar UMKM Go Digital yang mengusung tema “Melek Teknologi Menembus Pasar Global” itu dihadiri oleh puluhan UMKM dari berbagai daerah di seluruh Indonesia melalui Zoom Meeting.
Webinar UMKM Go Digital yang mengusung tema “Melek Teknologi Menembus Pasar Global” itu dihadiri oleh puluhan UMKM dari berbagai daerah di seluruh Indonesia melalui Zoom Meeting. /Istimewa /

PORTAL JOGJA - Mahasiswa Magister Ilmu Komunikasi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta Angkatan 12 menggelar webinar untuk UMKM agar siap Go Digital pada Sabtu, 24 Juni 2023.

Webinar UMKM Go Digital yang mengusung tema “Melek Teknologi Menembus Pasar Global” itu dihadiri oleh puluhan UMKM dari berbagai daerah di seluruh Indonesia melalui Zoom Meeting.

Ketua pelaksana, Reggy Wulan Apriansyah dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan webinar ini diharapkan mampu memacu UMKM agar dapat mengikuti perkembangan zaman dengan menggunakan digital.

“Harapannya kegiatan ini bisa memacu UMKM untuk bisa menggunakan digital secara keseluruhan, dengan mengikuti perkembangan zaman. Mau itu dari UMKM yang baru merintis atau UMKM yang sudah berdiri lama. Sehingga UMKM dapat menumbuhkan perekonomian d Indonesia”, ujarnya.

Baca Juga: Lomba Baris Berbaris Tingkat SMP dan SMA Se-DIY Sambut Hari Bhayangkara ke-77

Koorprodi Magister Ilmu Komunikasi UPN Veteran Yogyakarta, Dr. Edwi Arief Sosiawan, M.Si yang turut memberikan sambutan mengatakan, dirinya bangga dengan acara webinar dimana bisa menghadirkan para praktisi ahli di bidangnya.

“Saya ikut bangga terhadap rekan-rekan mahasiswa Mikom UPNVYK angkatan 12 ini, karena sudah berhasil merancang sebuah acara yang terlepas dari itu adalah projek pemenuhan kebutuhan tugas akhir semester, namun juga memberikan impact yg besar karena mampu menghadirkan praktisi-praktisi ahli di bidangnya untuk membagi ilmu yang bermanfaat bagi peserta webinar ini. Saya harap ke depannya akan semakin banyak gebrakan baru dr teman-teman mahasiswa baik dari S1 maupun S2 Ilmu Komunikasi UPNVYK yang bisa memberikan manfaat bagi orang banyak," katanya.

Sesi pertama materi webinarvmembahas segmentasi pasar untuk UMKM yang disampaikan oleh Mahasiswa Magister Ilmu Komunikasi UPNV Yogyakarta, Heri Setio Aji. Segmentasi pasar yang dipaparkan menurut Heri, UMKM juga harus memiliki riset yang cukup sebelum melakukan invasi pasar yang tepat untuk mencapai pemasaran global, sehingga mampu memahami demografi.

Demografi dapat membantu UMKM untuk menentukan segmentasi pasar yang akan menjadi target sasaran utama, di antaranya berdasarkan gender, usia, lokasi/tempat tinggal, minat dan kebutuhan, dan lain sebagainya.

Selain pengetahuan dalam menentukan segmentasi pasar, peserta webinar dari UMKM juga mendapatkan penjelasan mengenai bagaimana memproduksi konten menggunakan Smartphone yang ingin mengimplementasikan visual yang berkualitas untuk konten yang diharapkan UMKM.

Halaman:

Editor: Chandra Adi N


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x