Simak Tips Hemat Anak Kos yang Bikin Bahagia di Akhir Bulan

- 14 Desember 2022, 16:03 WIB
Ilustrasi - Tips hemat
Ilustrasi - Tips hemat /pexels.com

PORTAL JOGJA - Akhir bulan di depan mata, tips hemat anak kos kembali hadir untuk anda. Seperti yang sudah ketahui bersama, jika kehidupan anak kos ini terbilang memiliki ritme yang sama.

Yakni memiliki banyak uang tunai maupun non tunai di minggu pertama hingga minggu kedua setiap bulannya. Sedangkan pada minggu kedua hingga keempat, sebagian besar anak kos harus memutar otak untuk hemat uang dan bertahan hidup.

Kondisi ini tidak hanya terjadi pada anak kos khusus pelajar saja, tapi juga termasuk pekerja atau yang karyawan juga menjadi anak kos. Hal ini lantaran anak kos sudah memiliki pemasukan yang sama setiap bulannya, sedangkan untuk pengeluaran seringkali berbeda-beda.

Di bawah ini, ada tips hemat anak kos yang bisa anda coba. Karena tips ini bisa digunakan untuk kalangan pelajar dan karyawan, jadi silakan perhatikan dengan saksama.

5 Tips Hemat untuk Anak Kos

1. Catat Semua Kebutuhan Selama Sebulan
Tips hemat anak kos yang pertama adalah membuat daftar pengeluaran selama sebulan. Meskipun anda seorang anak kos, pastikan anda juga memiliki catatan keuangan yang rapi.

Hal ini selain memudahkan menentukan prioritas, juga akan memudahkan ketika anda akan mengevaluasi pengeluaran.

2. Hindari Menggunakan Jasa Laundry
Di daerah kos-kosan, tentu saja jasa laundry adalah yang paling banyak diburu setelah warung makan. Meskipun beberapa gerai memiliki harga yang cukup terjangkau, cobalah untuk mencuci pakaian sendiri.

Saat ini, sudah banyak kos yang dilengkapi dengan ruang mencuci. Jika memang kondisinya tidak terlalu mendesak, usahakan selalu mencuci dan menyetrika pakaian sendiri.

3. Jika Memungkinkan, Memasaklah Sendiri
Sama halnya dengan menggunakan jasa laundry. Memasak juga termasuk kegiatan yang akan membantu menjaga keuangan anda. Dengan memasak anda bisa mengonsumsinya selama sehari penuh.

Halaman:

Editor: Chandra Adi N


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x